Sukses

Demi Kerja Remote, Antusias Android Hengkang Dari Google

Alasannya bukan karena ia direkrut oleh perusahaan lain, namun Web guru dan antusias Android ini ingin bekerja dari rumah.

Liputan6.com, Web guru dan antusias Android, Tim Bray mengumumkan dirinya akan hengkang dari Google dalam waktu dekat. Alasannya bukan karena ia direkrut oleh perusahaan lain, namun karena ingin bekerja dari rumah.

"Ini adalah perpisahan yang damai untuk menghadapi perbedaan yang tidak bisa dipertemukan: 'Saya tidak akan pindah ke California dan Google tidak akan membuka kantor di Vancouver'," tulis Bray dalam postingan blog.

Sebelum dan setelah dipekerjakan oleh Google, Bray pernah diminta untuk mempertimbangkan pindah ke selatan. Namun ia tak mau dan menolak. Bray mengatakan bahwa hatinya ada di Vancouver, ia tidak mau pindah ke Silicon Valley. Ia mengklaim akan lebih efektif bekerja jika dia pindah.

Google selama ini dikenal sangat toleran dengan karyawannya yang lebih memilih untuk bekerja dari jarak jauh (remote). Beberapa perusahaan -- seperti Automattic yang memiliki WordPress -- bahkan tidak memiliki kantor terpusat.

Berbeda dengan Google, pada Februari 2013 lalu CEO Yahoo Marissa Mayer membuat kebijakan yang menimbulkan kontroversi di kalangan pekerja teknologi. Ia melarang karyawannya bekerja dari rumah. Mayer menekankan bahwa komunikasi dan kolaborasi yang paling baik hanya bisa dilakukan jika karyawan saling bertemu.

Adapun Bray masih akan bekerja di Google sampai 17 Maret 2014 dan pergi mengunjungi pameran teknologi tahunan Mobile World Congress di Barcelona minggu depan. "Saya belum memutuskan apa yang harus dilakukan selanjutnya," tulisnya.

Tim Bray lahir pada 21 Juni 1955. Ia adalah pengusaha sekaligus developer software asal Kanada. Bray pernah menjabat sebagai Director of Web Technologies di Sun Microsystems dari awal tahun 2004 sampai awal 2010. Sejak itu ia menjabat sebagai advokat pengembang di Google dengan fokus pada Android.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.