Sukses

Apple dan Samsung Kembali Dijadwalkan Bertemu

Apple dan Samsung dijadwalkan menggelar pertemuan kembali sebelum sidang di Amerika Serikat yang berlangsung 19 Maret mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Awal tahun ini, dua musuh bebuyutan, Apple dan Samsung dikabarkan telah sepakat untuk melakukan pertemuan dan membahas soal penyelesaian masalah antara mereka. Langkah itu dilakukan sebagai proses negosiasi di luar pengadilan terkait perang paten keduanya.

Kedua perusahaan dikabarkan akan kembali menggelar pertemuan untuk melakukan mediasi dari masalah yang sudah bertahun-tahun berlangsung. Kabarnya pertemuan itu akan dilangsungkan sebelum sidang lanjutan dilakukan tanggal 19 Maret 2014 di Amerika Serikat.

Hal itu berdasarkan dokumen pengadilan terakhir yang diajukan ke Pengadilan Distrik California hari Jumat lalu. Menurut berkas pengajuan, kedua perusahaan tercatat telah gagal mencapai kesepakatan, tetapi mereka bersedia untuk mencoba bertemu kembali.

Belum diketahui apa yang akan mereka bicarakan dalam pertemuan bulan depan. Namun, mengutip laman Ubergizmo, sidang kedua yang ditetapkan tanggal 19 Maret 2014 di Amerika Serikat dan 31 Maret 2014 di Uni Eropa akan mempengaruhi pertemuan kedua perusahaan itu.

Diperkirakan dua perusahaan yang sedang berseteru itu akan berusaha untuk membuat posisinya dalam kondisi yang aman. Banyak pihak yang berharap bahwa pertemuan kedua ini akan memberikan hasil yang lebih baik dari pertemuan sebelumnya.

Apple dan Samsung memulai pertempuran paten sejak tahun 2012 lalu. Dua perusahaan raksasa teknologi itu telah menghadapi persidangan di pengadilan federal Califoria, San Jose. Proses peradilan itu dilakukan terkait pelanggaran paten smartphone yang dimiliki Apple oleh Samsung.

Dari sengketa paten yang masih terus berlangsung ini, Apple sudah beberapa kali dinyatakan menang melawan Samsung. Apple berhasil mengantongi denda yang dibayar Samsung sebesar USD 930 juta sesuai keputusan juri.

Perusahaan asal Cupertino, California itu mengaku telah merogoh kocek sebesar USD 60 juta untuk membayar firma hukum yang membelanya menghadapi Samsung. Firma hukum mahal tersebut merupakan salah satu kunci kemenangan Apple melawan Samsung.


Baca juga:
Perang Paten Berkepanjangan, Nokia-HTC Pilih Berdamai
Samsung-Apple Cerai, Perusahaan Taiwan TSMC Girang
Apple Ngotot Larang Ponsel dan Tablet Samsung Dijual
3 Ronde Kemenangan Apple Melawan Samsung
Apple Tuding Samsung Rusak Bisnis iPad dan iPhone


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini