Sukses

2015, Koneksi Wi-Fi Smartphone Bakal `7 Kali Lebih Cepat`

Jaringan 802.11ad yang juga disebut WiGig, menggunakan pita frekuensi radio 60 GHz yang jauh lebih tinggi dari spektrum 2.4 GHz dan 5 GHz.

Liputan6.com, Jakarta Kecepatan tertinggi jaringan Wi-Fi, 802.11ad akan hadir di perangkat ponsel. Pembuat chipset nirkabel Wilocity mengumumkan akan menampilkan prototipe ponsel di Mobile World Congress (MWC) 2014 di Barcelona yang berjalan dengan chip jaringan nirkabel 5 Gbps.

"Genersi chipset nirkabel mendatang yang dijuluki Sparrow akan bergabung ke dalam chip yang biasa digunakan di laptop dan tablet" kata Mark Grodzinsky selaku Vice President of Marketing Wilocity, seperti dikutip dari Cnet.

Para pembuat smartphone, lanjut Grodzinsky, akan mengintegrasikan chip tersebut ke ponsel pada semester kedua tahun 2014.

"Anda akan melihat ponsel dengan koneksi Wi-Fi berkecepatan tinggi di semester pertama 2015. Untuk itu kami akan mengirimkan sampel chipset pada kuartal ketiga 2014," tambah Grodzinsky.

Teknologi jaringan 802.11ad yang juga disebut WiGig, menggunakan pita frekuensi radio 60 GHz yang jauh lebih tinggi dari spektrum 2.4 GHz dan 5 GHz yang digunakan pada Wi-Fi versi 802.11g, 802.11n, dan 802.11ac.

Teknologi transfer data ini memang jauh lebih cepat, namun dengan mengorbankan jangkauan, udara tidak dapat menyerap energi sinyal radio secara maksimal. Itu berarti WiGig tidak mungkin dapat menembus dinding.

"Kekurangan itu sekaligus menjadi kelebihan karena sinyal Wi-Fi yang ada tidak bisa digunakan di tempat yang berbeda. Jadi sinyal Wi-Fi yang ada di rumah tidak bisa dicuri," jelas Grodzinsky.     

Hal itu juga membuat jaringan Wi-Fi stabil karena tidak terganggu oleh jaringan Wi-Fi tetangga. "Ketika ada 100 orang di sebuah ruangan, semua orang yang ada di dalamnya akan mendapatkan kecepatan jaringan yang sama," kata Grodzinsky.

Dalam pengembangannya, WiGig memiliki kecepatan tujuh kali lebih cepat dari WiFi 802.11ac, yang mana memiliki kecepatan 7 Gbps. Bahkan pada akhir tahun 2013, ilmuwan Jerman mengklaim tengah mengembangkan teknologi nirkabel yang memiliki kecepatan 100 Gbps atau 100 kali lebih cepat dari kecepatan akses Internet Google Fiber.


Baca juga:
Smartphone Dual-OS Pertama Meluncur Minggu Depan?
Mozilla Akan Produksi Smartphone Rp 300 ribuan
Waspada! Hacker Dilaporkan Sukses Bobol iOS

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.