Sukses

Dibanding Galaxy S4, Apa yang Baru di Galaxy S5?

Galaxy S5 muncul sebagai smartphone andalan dari Samsung di tahun 2014. Apa saja yang baru di perangkat ini dari seri sebelumnya?

Liputan6.com, Jakarta Galaxy S5 resmi diperkenalkan Samsung ke hadapan publik di acara Unpacked 5 hari ini, Selasa (25/2/2014) pada dini hari jam 02.00 Waktu Indonesia Barat. Setelah lama dinantikan, handset dari raja pasar ponsel dunia itu akhirnya muncul menjawab semua rumor yang sempat beredar.

Smartphone dengan spesifikasi high-end penerus Galaxy S4 ini hadir dengan koneksi data yang lebih kencang, layar yang lebih besar, dan sensor sidik jari (fingerprint).

Sekilss, wajah dan bodi Galaxy S5 tidak jauh berbeda dengan Galaxy S4. Perbedaan mencolok terlihat pada bagian belakang bodi Galaxy S5 yang menggunakan desain "modern glam" dengan material yang sekilas mirip kulit, namun sebenarnya bukan kulit. Samsung menggunakan bahan polycarbonate yang dicampur dengan kaca fiber, karena itulah Galaxy S5 terasa tidak licin saat dipegang.

Sebagai produk baru penerus Galaxy S4 apa yang baru dari perangkat andalan Samsung tersebut? Berikut kami sarikan dari berbagai sumber, apa saja yang baru di Galaxy S5 dari seri sebelumya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Fitur

Dari sisi fitur, Samsung tak memperlihatkan berbagai kemampuan baru pada perangkat ini. Berbeda dari Galaxy S4 yang muncul dengan fitur anyar seperti Smart Pause, Eye-scrolling dan beberapa fitur hasil inovasi Samsung berhasil mengundang decak kagum banyak orang.

Sensor sidik jadi fitur paling baru yang dimiliki handset andalan perusahaan asal Korea Selatan tersebut. Sistem operasi Android 4.4 KitKat menjalankan Galaxy S5 secara pabrikan.


3 dari 7 halaman

Prosesor

Samsung memakai prosesor Snapdragon 800 buatan Qualcomm di perangkat barunya ini. Prosesor ini terbilang lawas karena sudah sempat dipakai oleh vendor lain di ponsel flagship yang meluncur tahun lalu seperti Sony Xperia Z Ultra dan Xperia Z1.

Meski begitu, Samsung sudah membuat peningkatan di sisi prosesor yang ada di Galaxy S5 daripada yang ada di seri sebelumnya. Di Galaxy S5, Samsung menyematkan prosesor quad-core Snapdragon 800 berkecepatan 2,5 Ghz.

Di Galaxy S4 Samsung menyematkan dua model prosesor, Exynos Octa-cora berkecepatan 1,6 Ghz buatan Samsung dan prosesor quadcore Snapdragon 600 berkecepatan 1,9 Ghz besutan Qualcomm.


4 dari 7 halaman

Desain

Tak terlihat banyak perubahan pada desain yang ada di Galaxsy S5 dibanding Galaxy S4. Meski begitu, Samsung mengklaim ada perubahan desain di sisi industrial desain.

Sekilas, wajah dan bodi Galaxy S5 tidak jauh berbeda dengan Galaxy S4. Perbedaan mencolok terlihat pada bagian belakang bodi Galaxy S5 yang menggunakan desain "modern glam" dengan material yang sekilas mirip kulit, namun sebenarnya bukan kulit. Samsung menggunakan bahan polycarbonate yang dicampur dengan kaca fiber, karena itulah Galaxy S5 terasa tidak licin saat dipegang.

Perbedaan lain yang mencolok adalah Galaxy S5 memakai layar seluas 5,1 inci dengan kerapatan layar 432 ppi. Di sisi kerapatan layar Samsung menurunkan kerapatan layar dari Galaxy S4, Samsung memakai layar berukuran 5 inci dengan kerapatan 441 ppi.

5 dari 7 halaman

Kamera

Di sisi kamera Samsung menghadirkan perubahan yang cukup mencolok. Seperti rumor yang banyak beredar, Galaxy S5 menggunakan kamera utama berkualitas 16 MP dan kamera depan 2,1 MP.

Kualitas kamera yang digunakan Galaxy S5 lebih baik dibanding Galaxy S4. Sebelum Galaxy S4 menggunakan kamera utama 13 MP dan kamera 2 MP di bagian depan.

Kamera Galaxy S5 dilengkapi fitur multiple High Dynamic Range (HDR) real-time yang 3x lebih cepat daripada kamera yang dipakai Galaxy S4.


6 dari 7 halaman

Baterai

Kapasitas baterai kebih besar dibenamkan Samsung pada perangkat terbarunya ini. Memakai baterai berkapasitas 2800 mAh diharapkan bisa membantu perangkat ini bekerja lebih lama daripada dengan layar 5,1 inci.

Di seri sebelumnya, vendor asal Korea Selatan itu memakaikan baterai berkapasitas 2600 mAh untuk menghidupkan perangkat berlayar 5 inci. Samsung mengklaim kekuatan baterai ini meningkat 20% dari Galaxy S4.

 

7 dari 7 halaman

Tahan Air dan Debu

Fitur tahan air dan debu jadi yang paling baru dari Galaxy S5. Sertifikasi IP67 menunjukkan produk terbaru Samsung ini tahan berada di dalam air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Fitur tahan air tersebut sudah lebih dulu ada di Xperia Z1 dan Xperia Z Ultra. Sedangkan di lini produk Samsung, Galaxy S4 Active pernah lahir dari tangan perusahaan asal Korea Selatan itu sebagai produk tahan air.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.