Sukses

Genap 25 Tahun, World Wide Web Akan Pungut Bayaran?

Hari ini Web merayakan ulang tahunnya yang ke-25. Dalam kesempatan ini penemu Web, Sir Tim Berners-Lee berbagi posting blog kepada Google.

Liputan6.com, Anda bisa membaca artikel yang kami suguhkan berkat World Wide Web (WWW) atau yang biasa dikenal dengan sebutan Web. Itu semua juga berkat kehadiran Internet.

Internet dan Web adalah dua hal yang berbeda. Internet berkaitan dengan jaringan server dan komputer alias infrastruktur, sementara Web adalah bagaimana Anda mengakses jaringan, protokol dan semacamnya.

Keduanya memang saling berkesinambungan dan sama-sama penting. Berkaitan dengan hal itu, hari ini Web merayakan ulang tahunnya yang ke-25. Dalam kesempatan ini penemu Web, Sir Tim Berners-Lee berbagi posting blog kepada Google.

"Hari ini adalah ulang tahun Web yang ke-25. Pada tanggal 12 Maret 1989 saya membagikan proposal untuk meningkatkan arus informasi: `sebuah jaringan yang saling terhubung," tulis Berners-Lee di Blog resminya, seperti dikutip dari Beta News.

Lebih lanjut ia mengatakan, meskipun CERN sebagai laboratorium fisika sempat menolak proposalnya, atasannya yaitu Mike Sendall mengizinkan dirinya untuk tetap menjalankan proyek tersebut.

"Pada tahun 1990 saya menemukan program editor dan browser. Kemudian pada tahun 1993, setelah banyak desakan, CERN menyatakan bahwa teknologi WWW dirilis secara cuma-cuma untuk publik, selamanya," tambah Berners-Lee.

Namun apakah di ulang tahunnya yang ke-25 ini Web akan mengenakan bayaran? Berners-Lee justru menghimbau kepada semua pihak untuk membangun standar Web yang lebih baik di masa depan dan menekan setiap negara untuk mengembangkan Web gratis dan terbuka untuk semua orang.

Selamat ulang tahun Web dan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada Sir Tim Berners-Lee. Penemuannya itu telah mengubah dunia menjadi lebih baik - memungkinkan akses yang lebih mudah untuk dunia pendidikan, hiburan , komunikasi, dan lain sebagainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.