Sukses

OM-D E-M10, Kamera Mirrorless Terjangkau Olympus

E-M10 memiliki bodi yang lebih ringkas dan sudah dilengkapi dengan flash terintegrasi, selain menyediakan hot shoe.

Liputan6.com, Jakarta Seri OMD dari Olympus dikenal sebagai kamera mirrorless  premium dengan harga yang terbilang mahal. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen kelas menengah, Olympus merilis versi terjangkau dari seri OM-D lewat E-M10. Meski demikian, kamera ini diklaim memiliki spesifikasi yang powerful.

Sekilas tampilannya mirip dengan OM-D E-M5 yang diluncurkan lima tahun lalu. Namun ketika dilihat secara seksama, E-M10 memiliki bodi yang lebih ringkas dan sudah dilengkapi dengan flash terintegrasi, selain menyediakan hot shoe.

"Bentuk dari OM-D E-M10 lebih compact dan ringan dari seri OM-D versi terdahulunya. Meski ringkas, kamera ini tetap memiliki grip yang nyaman digenggam. Terlebih di samping menyediakan hot shoe, kamera ini juga menghadirkan flash internal," kata Johnson Sahala selaku Product Marketing Supervisor Olympus Indonesia, Kamis (13/3/2014) di Hongkong Cafe, Jakarta.

Johnson menyebut, kamera ini juga dilengkapi dengan dua tombol dial layaknya kamera profesional. Bahkan kedua dial control pada E-M10 lebih tinggi dari E-M5 agar mudah dijangkau dan nyaman secara ergonomik. 

Jeroannya sendiri juga tak jauh berbeda dengan seri OM-D kelas premium. "OM-D E-M10 dipersenjatai sensor LiveMOS 16 megapiksel yang sama dengan OM-D E-M5 dan prosesor gambar True Pic VII yang ada pada OM-D E-M1," jelas Johnson, lagi.

Kedua komponen itu, lanjutnya, mampu menghadirkan gambar dengan detil dan saturasi warna lebih baik. Keunggulan lainnya, E-M10  mengadopsi 81 titik autofokus (AF). Hal itu memungkinkan pengguna melakukan fokus pada area lebih kecil di dalam bingkai sehingga berguna saat memotret objek berukuran mungil.

Yang tak kalah canggih, kamera dengan layar 3 inci itu juga dilengkapi dengan Electronic Viewfinder (EVF) yang sama seperti E-M5 dengan resolusi 1,44 juta dots. "Dengan jumlah piksel yang semakin rapat, memungkinkan jendela bidik menyuguhkan tampilan yang lebih natural dan tajam. Ini berguna saat membidik objek di malam hari," terang Johnson.

OM-D E-M10 dibanderol dengan harga Rp 10,6 jutaan (body only). Namun karena harganya yang lebih murah,  E-M10 tidak memiliki fitur tahan cuaca. Jika hal itu dirasa penting, maka Anda harus membeli OM-D E-M5 yang kini dihargai sekitar Rp 14 juta (body only). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini