Sukses

Detik-detik Jelang Pemilu, Situs KPU Tak Bisa Diakses

Belum juga Pemilu berlangsung, situs resmi milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah tidak bisa diakses.

Liputan6.com, Jakarta Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif baru akan digelar besok, Rabu, 9 April 2014. Belum juga Pemilu berlangsung, situs resmi milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah tidak bisa diakses.

Saat tim Liputan6.com mengunjungi situs tersebut malam ini, hanya muncul tampilan halaman web berwarna putih dengan tulisan yang menunjukkan database error.

A Database Error Occurred
Unable to connect to your database server using the provided settings.
Filename: /var/www/html/kpupusat2/application/third_party/MX/Loader.php
Line Number: 102

CIO perusahaan hosting Techscape Indonesia yang juga dosen di Universitas Gunadarma, Akbar Marwan menjelaskan, error seperti itu terjadi karena script-nya tidak bisa terhubung ke database sehingga menyebabkan terjadinya error.

"Kemungkinan database-nya overload karena banyaknya orang yang mengakses situs tersebut," kata Akbar yang dihubungi via layanan pesan instan.

Akbar menambahkan, kemungkinan website KPU tersebut dibangun masih menggunakan Application Development Framework PHP CodeIgniter (CI).

"Kalau web dynamic banyak yang akses seharusnya dibuat cache, kalau tidak efeknya database-nya jadi overload", jelas Akbar lagi menanggapi error tersebut.

Pantauan tim Liputan6.com, Selasa (8/4/2014), hingga berita ini dinaikkan pukul 22.26 WIB, situs KPU.go.id masih belum juga bisa diakses. Pihak KPU belum bisa dihubungi untuk memberikan konfirmasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini