Sukses

Cara Membedakan Ponsel Supercopy Secara Fisik

Bila diperhatikan secara mendalam, ada sejumlah perbedaan fisik yang membedakan antara smartphone asli dan supercopy.

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena smartphone tiruan atau yang populer dengan sebutan supercopy sangat menarik untuk ditelaah lebih lanjut. Selain harganya yang lebih murah, jenis perangkat tiruan ini diminati oleh pengguna karena memiliki tampilan fisik yang sangat mirip dengan aslinya.

Namun bila diperhatikan secara mendalam, ada sejumlah perbedaan fisik yang membedakan antara smartphone asli dan supercopy.

Untuk membuktikannya, kita akan menggunakan smartphone Galaxy S4 besutan Samsung sebagai contoh. Sebab, smartphone ini menjadi salah satu perangkat yang versi supercopy-nya paling banyak beredar luas di pasaran.

Berikut cara membedakan smartphone Galaxy S4 asli dengan versi tiruannya:

Kotak Kemasan

Laman Android Authority menjelaskan bahwa kotak kemasan atau dus Galaxy S4 asli dibungkus (wraping) oleh plastik berlogo Samsung di seluruh bagiannya, sementara untuk dus versi supercopy tidak. Andai pun ada, wrapping plastik yang digunakan hanya berlogo sebagian, tidak di seluruh bagiannya.



Selain itu, kotak kemasan Galaxy S4 asli terbuat dari kertas daur ulang dengan serat halus dan berwarna coklat agak gelap. Sedangkan untuk kotak kemasan versi supercopy tidak menggunakan kertas daur ulang berserat, warnanya pun cenderung pucat atau coklat terlalu gelap.

Akun YouTube GadgetToUse juga menyebutkan bahwa kotak kemasan Galaxy S4 asli lebih tebal dibandingkan dengan versi supercopy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fisik smartphone

Fisik smartphone

Meski bila dilihat sepintas tak ditemukan perbedaan yang mencolok, namun sebenarnya ada perbedaan fisik pada body Galaxy S4 asli dan versi supercopy.

Yang pertama, perbedaan dapat ditemukan pada logo Samsung di bagian depan dan belakang body. Pada versi asli logo akan terasa halus dan tidak timbul bila diraba, sementara pada versi supercopy logo tampak kasar, timbul, dan terlihat tidak diukir secara sempurna.

Kedua, dapat dilihat dari jarak tombol Home dengan layar. Tombol Home pada Galaxy S4 asli berjarak cukup dekat dengan layar, sedangkan tombol Home pada versi supercopy lebih renggang, berjarak dengan layar. Selain itu, tombol Home pada versi asli pun lebih empuk dan nyaman saat ditekan.



Ketiga, perbedaan dapat Anda temukan dengan cara membuka cover belakang handset. Pada versi asli, Anda tidak akan menemukan cacat apa pun (sempurna) pada area kamera utama, sedangkan di versi supercopy umumnya terdapat cacat (sambungan kasar) di area kamera.



Keempat, Anda bisa merasakan bobot Galaxy S4 asli akan terasa lebih berat dibandingkan versi supercopy yang biasanya terlampau ringan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.