Sukses

Cara Bos Walt Disney Hadapi Steve Jobs yang Keras Kepala

Ed Catmull menghabiskan 26 tahun hidupnya bekerjasama dengan salah satu pendiri Apple, Steve Jobs, yang terkenal keras kepala.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda memiliki anggota keluarga atau teman yang keras kepala? Jika iya, maka Anda bisa memetik pelajaran dari salah satu pendiri Pixar, sekaligus President Walt Disney, Ed Catmull. 

Catmull menghabiskan 26 tahun hidupnya bekerjasama dengan salah satu pendiri Apple, Steve Jobs, yang terkenal keras kepala. Jobs sendiri adalah rekan Catmull, yang sama-sama mendirikan Pixar.

Jobs pernah mengatakan kepada Catmull mengenai cara meluluhkan hati orang yang keras kepala. Yaitu hanya dengan memberikan penjelasan sampai orang tersebut mengerti.

Dari situlah, kata Catmull, dia menemukan cara untuk bekerja tanpa harus terlibat dalam percakapan yang berakhir pertengkaran. Hal ini diungkapkannya dalam acara Stanford Entrepreneurship Corner, sekaligus mempromosikan buku terbarunya, Creative Inc., yang sarat dengan anekdot mengenai Jobs.

"Selama 26 tahun saya bersama Steve (Steve Jobs), Steve dan saya tidak pernah terlibat dalam argumen verbal yang keras dan itu memang bukan sifat saya. Tapi kami kerap berselisih tentang beberapa hal," ungkap Catmull, seperti dilansir Business Insider.

Alkisah, Catmull mengatakan bahwa saat dia akan mengatakan sesuatu kepada Jobs, pendiri Apple itu langsung membantahnya. Menurutnya, hal itu karena Jobs bisa berpikir lebih cepat daripada dirinya.

"Saya akan menunggu selama sepekan. Setelah itu saya menghubunginya dan memberikan argumen saya mengenai yang ia katakan. Lalu dia kembali membantahnya. Jadi saya akan menunggu beberapa pekan lagi, bahkan kadang hal seperti ini bisa berjalan selama beberapa bulan," ungkapnya.

Hingga akhirnya kesepakatan antara kedua orang tersebut tercapai. Pada kali ketiga, katanya, Jobs akhirnya membenarkan pendapat Catmull.

Namun adakalanya Catmull menilai pendapat Jobs benar. "Kali ketiga di kesempatan yang lain, saat kami tidak mencapai kesepakatan, dia membiarkan saya melakukan dengan cara saya dan tidak pernah mengatakan apa pun tentang hal itu lagi," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini