Sukses

Samsung Sudah Luncurkan 114 Varian Handset Android

Sejak peluncuran Samsung Galaxy di tahun 2009, Samsung telah punya 100 model produk bertenaga Android

Liputan6.com, Samsung telah menjadi raja ponsel dunia berkat mengadopsi sistem operasi Android buatan Google. Perusahaan asal Korea Selatan itu memasukkan Android ke berbagai produk pintar buatannya, mulai dari smartphone, tablet dan jam tangan.

Hingga saat ini Samsung diketahui telah meluncurkan lebih dari 100 model smartphone bertenaga Android ke pasar gadget dunia sejak tahun 2009. Menurut hitungan laman Phone Arena, Samsung telah meluncurkan sekitar 114 handset bertenaga Android.

Faktor banyaknya varian produk memang bisa menjadi salah satu faktor penyebab kekuatan Samsung di pasar ponsel dunia. Namun, hal lain yang disebutkan sebagai penyebab Samsung sukses rajai pasar smartphone ialah peluncuran Galaxy S di tengah tahun pertama 2010.

Lini keluarga Galaxy S yang menyasar pasar kelas menengah selalu berhasil menarik perhatian pasar pengguna smartphone. Generasi terakhir dari barisan Galaxy S yang sudah hadir di pasaran ialah Galaxy S5.

Produk pertama Samsung yang memakai 'robot hijau' pertama kali meluncur pada bulan Juni 2009 silam. Mengusung nama Samsung Galaxy perangkat itu muncul dengan Android 1.5 Cupcake menawarkan layar sentuh 3,2 inci, RAM 128 MB dan prosesor berkecepatan 528Mhz buatan Qualcomm.

Samsung sebenarnya bukanlah perusahaan pertama yang menggunakan platform Android di smartphone buatannya. Produk pertama yang mengusung sistem operasi Android di dalamnya ialah HTC Dream atau  T-Mobile G1.

Sayang, meski jadi vendor pertama yang meluncurkan produk Android perjalanan HTC di pasar smartphone dunia kurang gemilang. Saat ini, vendor asal Taiwan itu menggantungkan popularitasnya lewat jajaran HTC One yang bahan aluminium dan desain unik sebagai kekuatan andalannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.