Sukses

Achmad Rofiq, Animator Indonesia yang Terinspirasi Steve Jobs

Ditengah gempuran film animasi luar negeri di Indonesia, Achmad Rofiq mampu menunjukkan bahwa film animasi buatan Indonesia tak kalah hebat.

Liputan6.com, Jakarta - Ditengah gempuran film-film animasi luar negeri yang masuk ke Indonesia, Achmad Rofiq mampu menunjukkan bahwa film animasi buatan Indonesia tak kalah hebat. Di usianya yang masih muda, 33 tahun, Rofiq mengukir banyak prestasi.

Pemuda lulusan Universitas Negeri Malang, jurusan Seni dan Desain ini awalnya mendirikan sebuah komunitas di Malang bernama DGM Animation pada tahun 2005. Lalu pada tahun 2011 mereka serius terjun ke bisnis.

Visi Rofiq membangun perusahaan DGM Animation tidak muluk-muluk. Dia ingin para animator Indonesia di luar negeri pulang ke Tanah Air dan mengembangkan animasi sendiri di Indonesia hingga bisa dijual ke luar negeri. Rofiq mengaku sangat terinspirasi Steve Jobs.

"Mungkin banyak yang mengidolakan Steve Jobs dari sisi IT-nya, tapi saya dari dari sisi creative planner. Apple adalah sebuah produk teknologi, tapi Steve Jobs menyentuhnya dengan cara seni. Itu yang menginspirasiku, seni digabungkan dengan bisnis," papar Rofiq dalam bincang santai di kantor Liputan6.com.

Rofiq menceritakan bahwa awalnya Disney tidak tahu arah bisnis perusahaan mau kemana, tapi Steve Jobs -- melalui Pixar Animation Studios -- kemudian berhasil merevolusi film animasi di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ikut Festival

Berawal dari ikut festival

Keseriusan Rofiq terjun ke dunia animasi berawal dari beragam penghargaan yang pernah diterimanya dari festival-festival animasi. Tahun 2005 dia pernah menang di kompetisi Asiagraph di Jepang, negara yang notabene merupakan produsen animasi.

"Dari situ saya memulai bisnis, dari keyakinan pernah menang. Lalu belakangan saya semakin sering menang lagi di kompetisi lain. Di Jepang sudah 3 kali menang," ungkapnya.

Dari kos-kosan, Rofiq bersama rekannya membangun perusahaan yang sekarang sudah memiliki 50 orang karyawan. Salah satu film animasinya, Kuku Rock You, akan segera tayang di stasiun televisi Indosiar.

Dari awal membuat, film Kuku Rock You dirancang untuk go international. Karena itulah judul film yang awalnya terinspirasi dari nama Kukuruyuk diubah menjadi Kuku Rock You.

Kuku Rock You adalah sebuah film animasi serial yang menceritakan seekor ayam kampung dari Indonesia bersama beberapa temannya yang terobsesi menjadi penyanyi rock dan go international. Tapi perjalanan ayam ini tak mulus begitu saja. Perjuangan mereka diganggu oleh kucing. 

"Di film ini semua perjuangan ayam diganggu oleh kucing. Penjahatnya si kucing, tapi sebenarnya ini bukan penjahat, seperti di kehidupan saja, kalau tidak ada kompetitor gak bisa maju. Justru gangguan itu membuat ayam-ayam ini jadi lebih jago," ceritanya.

3 dari 4 halaman

Ingin Saingi Pixar

Ingin Saingi Pixar

Ke depannya, Rofiq berharap DGM Animation bisa menjadi perusahaan animasi kelas dunia. "Pixar mungkin bisa menjadi kompetitor kita nantinya," ucapnya dengan optimis.

Rofiq juga sengaja membuat karya-karya animasinya berkarakter Indonesia. Misalnya saja film animasi pendek bertema edukasi yang menceritakan lima anak ayam bernama Blab, Blib ,Blub, Bleb, Blob, yang dikisahkan menetas dari satu buah telur yang sama.

"Karakter anak ayam di sini terinspirasi dari anak-anak ayam yang banyak dijual di pasar, yang dicat warna-warni itu," ungkap Rofiq. 

Kembar lima ayam yang lucu, pintar dan sekaligus nakal ini merupakan fokus utama dalam film animasi berdurasi lima menit ini. Meskipun kelimanya belum bisa berbicara sepenuhnya, anak-anak ayam ini kerap berceloteh rame layaknya balita yang berusaha meniru suara orang dewasa.

4 dari 4 halaman

Penghargaan

Penghargaan yang pernah diraih Rofiq antara lain:

- Juara 1 ASIAGRAPH Jepang tahun 2008
- Sutradara Animasi Terbaik Festival Film Indonesia (FFI) tahun 2008
- Juara 1 Hellofest "Pentil-Pentol" tahun 2005
- Finalis INAICTA tahun 2009
- Juara I Wirausaha Muda Bank Mandiri 2010
- Best Movie Europe On Screen tahun 2011
- Piala Citra FFI "Sang Suporter" tahun 2013

Wawancara video tim Liputan6.com dengan Rofiq dapat dilihat di bawah ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini