Sukses

Berapa Banyak Karyawan Perempuan di Facebook?

Selain Yahoo dan Google, kini giliran Facebook yang merilis data statistik tenaga kerjanya. Ada berapa banyak karyawan perempuan di sana?

Liputan6.com, Jakarta - Selain Yahoo dan Google, kini giliran Facebook yang merilis data statistik tenaga kerjanya. Dari data terlihat bahwa karyawan di perusahaan Silicon Valley itu sebagian besar juga didominasi oleh laki-laki, sama seperti Yahoo dan Google.

Karyawan laki-laki yang bekerja di Facebook jumlahnya mencapai 69%, perempuan hanya 31%. Dari sisi etnis, 57% karyawan Facebook (khusus di AS) didominasi oleh orang berkulit putih dan warga Asia sebanyak 34%. Sebagian kecil sisanya adalah etnis Hispanic (keturunan Amerika Latin) 4% dan kulit hitam 2%.

Karyawan di Facebook yang bertugas di bidang teknologi mayoritas juga dikuasai laki-laki dengan porsi 85%, sisanya 15% perempuan. Sedangkan di bidang non-teknologi, karyawan laki-laki jumlahnya ada 53%, perempuan 47%.

Di jajaran atas manajemen perusahaan, 77% karyawan senior adalah laki-laki. Itupun mayoritas merupakan orang berkulit putih (74%) dan orang Asia 19%. Hispanic hanya menyumbang 4%, kulit hitam 2%.

Salah satu bos perempuan di Facebook, Sheryl Sandberg, pernah berkomentar kepada USA Today bahwa kurangnya keragaman dalam perusahaan teknologi yang selama ini didominasi laki-laki cukup menyedihkan.

Selama bertahun-tahun, perusahaan teknologi di Silicon Valley kerap menolak berbagi statistik tentang keragaman karyawan mereka kepada publik. Namun beberapa minggu terakhir, sejumlah perusahaan bersedia merilis datanya karena tekanan dari aktivis hak-hak sipil, Jesse Jackson. Dia muncul pada pertemuan pemegang saham Google dan Facebook dan menuntut perusahaan untuk merilis informasi tersebut.

Industri teknologi saat ini memang masih didominasi kaum laki-laki. Data dari Statista menunjukkan bahwa lima perusahaan besar teknologi, yaitu Google, Yahoo, Intel, Hewlett-Packar (HP), dan LinkedIn, mayoritas tenaga kerjanya laki-laki.

Di Yahoo, mayoritas karyawannya juga masih didominasi laki-laki. Total jumlah karyawan pria di Yahoo tercatat mencapai 62%, sedangkan perempuan 37%. Tenaga kerja Google terdiri dari 70% laki-laki,. 30% perempuan. Sedanghkan LinkedIn 61% pria dan sisanya perempuan.

Baca juga:
Perusahaan Teknologi Masih Dikuasai Laki-laki
Selain Yahoo!, Google Glass Juga Punya Bos Cantik
Bos Yahoo Tampil Glamor Bak Model di Majalah Vogue
Marissa Mayer, Bos Yahoo yang Pintar dan Juga Modis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.