Sukses

Berkat Magnet di Tengkorak, Aktor Tuli Ini Bisa Dengar Lagi

Aktor Muda ini sekarang dapat mendengar secara normal tanpa harus menggunakan alat bantu dengar konvensional.

Liputan6.com, Inggris - Bagi Anda yang mengalami gangguan pendengaran, baik sedari lahir maupun diakibatkan karena penyakit tertentu, sebentar lagi akan bisa diatasi secara maskimal melalui sebuah teknologi implan magnetik yang ditanam di tengkorak.

Harapan baru muncul ketika seorang aktor muda yang mengalami gangguan pendengaran (tuli) di salah satu telinganya sejak berusia 17 tahun, kini dapat mendengar secara normal tanpa harus menggunakan alat bantu dengar konvensional. 

Ia adalah seorang bintang teater berusia 22 tahun bernama Billy Coughlin. Dirinya bisa mendengar dengan jelas setelah pada Maret 2014 melakukan pembedahan tengkorak di Heartlands Hospital, Birmingham. Billy mengatakan, dirinya sekarang bisa mendengar suara-suara yang terkecil sekalipun, seperti jejak kaki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

NEXT

"Kedengarannya memang konyol, tapi ini benar-benar terjadi. Saya tidak bisa mendengar selama lima atau enam tahun. Dan akhirnya saya merasa normal lagi," ungkap Billy.

Mengutip laman Daily Mail, Kamis (2/7/2014), perangkat berteknologi baru yang sebagian kompartemennya tertanam di tengkorak Coughlin disebut Bone Anchored Hearing Aid (BAHA) atau biasa dikenal dengan nama Attract.

3 dari 3 halaman

NEXT

Untuk mengaplikasikan alat tersebut, tengkorak Billy ditanami sekrup logam dan saluran vibrator ke telinga bagian dalam. Juga ditanami disk magnet kecil yang dimasukkan ke bawah kulit telinga belakang.

Hal ini memungkinkan prosesor suara elektronik - berukuran bluetooth earphone ponsel - bisa dipasang dan dilepas sesuai kebutuhan. Menariknya, ketika receiver sedang tidak dikenakan, implan yang tertanam benar-benar tak terlihat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini