Sukses

Usai Saling Gugat, Apple dan Samsung Sepakat Berdamai

Apple dan Samsung mengurangi ketegangan yang telah terjadi selama bertahun-tahun.

Liputan6.com, Jakarta Apple dan Samsung mengurangi ketegangan yang telah berlangsung selama bertahun-tahun. Kedua raksasa perangkat mobile ini sepakat mengakhiri perang paten di luar Amerika Serikat (AS).

Dengan keputusan ini, berarti Apple dan Samsung hanya akan 'bertempur' di Negeri Paman Sam. Sengketa keduanya di luar AS adalah di Australia, Jepang, Korea Selatan, Jerman, Belanda, Inggris, Prancis, dan Italia.

Apple dan Samsung menegaskan tidak ada kesepakatan lisensi yang terjadi di antara keduanya.

"Apple dan Samsung sepakat melepaskan semua gugatan di antara dua perusahaan di luar AS. Perjanjian ini tidak mencakup kesepakatan lisensi apa pun dan keduanya tetap melanjutkan kasus yang ada di AS," demikian penjelasan Apple dan Samsung, seperti dilansir Phone Arena, Rabu (6/8/2014).

Mengingat perseteruan yang telah terjadi selama bertahun-tahun, kesepakatan ini mengundang perhatian dari berbagai pihak termasuk praktisi hukum. Profesor hukum di Villanova, Michael Risch, menilai keputusan Apple dan Samsung karena keduanya merasa perseteruan di luar AS akan sia-sia.

Risch mengatakan, uang dan usaha yang dikeluarkan tidak sepadan dengan hasil beragam yang diterima selama ini. Mengingat tidak ada pengumuman perjanjian lisensi silang, katanya, maka langkah baru ini bisa menjadi 'penyejuk' sebelum pertarungan kembali dimulai.

Sedangkan untuk perseteruan di AS, Risch belum melihat tanda-tanda perdamaian untuk saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini