Sukses

Google Akuisisi Aplikasi Pesan iPhone

Google kembali melancarkan aksi akuisisinya, dan kali ini untuk membeli aplikasi pesan khusus iPhone, Emu.

Liputan6.com, Jakarta - Google kembali mengeluarkan uang dan kali ini untuk membeli aplikasi pesan khusus iPhone, Emu. Perusahaan di balik Emu dipimpin oleh mantan karyawan Apple yang bekerja dalam proyek Siri.

Menyusul akuisisi ini, ada kabar buruk bagi pengguna Emu. Pasalnya perusahaan memutuskan untuk menutup Emu per 25 Agustus 2014. Sehingga aplikasi ini tidak akan lagi ada di App Store dan sama sekali tidak bisa diakses kembali.

Namun dilansir laman Phone Arena, Kamis (7/8/2014), akuisisi ini menimbulkan rasa penasaran karena ada kemiripan fungsi antara Emu dengan dua layanan Google yaitu Hangouts dan Google Now.



Sejumlah fitur yang diunggullkan oleh Emu disebut telah dimiliki oleh Google. Emu dan Hangouts sama-sama memiliki opsi berbagi lokasi melalui chat.

Selain itu keunggulan Emu yang lain adalah bisa menambahkan agenda acara ke kalender pengguna. Google sendiri juga memiliki fungsi serupa, di mana Google Now akan bertanya kepada pengguna apakah mereka ingin menambahkan agenda acara ke kalender berdasarkan pesan di Gmail.

Emu juga bisa memberikan rekomendasi restoran, fungsi ini sama seperti yang dimiliki Google Now jika pengguna mencari sebuah tempat. Fitur rekomendasi tempat juga dimiliki Google Maps.

Adapun sejauh ini belum diketahui tujuan Google membeli Emu. Apakah untuk menggaet lebih banyak developer guna memberikan fitur-fitur yang lebih baik atau menginginkan paten Emu.

Bargabungnya Emu dalam keluarga besar Google telah diumumkan. Namun nilai akuisisi aplikasi tersebut belum diketahui.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini