Sukses

Onno W. Purbo: Orang Indonesia Gak Bego Kok

Indonesia, menurut pakar teknologi Onno W. Purbo, mampu untuk memiliki perusahaan dan industri teknologi yang mandiri.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia saat ini menjadi surganya para perusahaan perangkat teknologi untuk memasarkan produknya. Padahal, Indonesia sendiri dinilai mampu untuk memiliki perusahaan dan industri teknologi yang mandiri.

Penilaian itu diungkap oleh pakar teknologi Onno W. Purbo. Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut berharap potensi masyarakat di Tanah Air bisa dioptimalkan supaya bisa melahirkan perusahaan teknologi sendiri.

"Orang Indonesia itu gak bego-bego amat kok. Orang-orang kita punya banyak potensi yang bisa dioptimalkan supaya bisa mengembangkan industri teknologi yang ada di sini," ungkap Onno saat ditemui tim Tekno Liputan6.com di Kemendikbud.

Pria yang senang mengajar itu mengaku masih terus berupaya membagikan ilmu pengetahuannya soal teknologi dan internet kepada masyarakat luas. Onno juga aktif berhubungan dengan berbagai komunitas yang tertarik pada teknologi.

"Banyak orang yang tertarik untuk menerapkan teknologi dan mengembangkannya jadi sebuah potensi industri yang mandiri. Komunitasnya semakin banyak, kita juga bisa kembangkan dari murid-murid di sekolah," tambahnya lagi.

Lebih lanjut, Onno mengungkap kemampuan masyarakat Indonesia di bidang teknologi tak kalah dibandingkan asing. Kekuatan besar terpendam yang ada di Indonesia bisa mengisi industri teknologi dengan software ataupun hardware buatan bangsa sendiri.

"Indonesia punya kekuatan besar yang bisa dioptimalkan asal dikembangkan dengan baik. Mau di aplikasi dan software atau hardware kita bisa kok, syaratnya mau buat bikin sendiri dan jangan males," tandasnya diiringi derai tawa. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.