Sukses

Menguak Misteri Fungsi Tombol Power iPhone 6

Diprediksi tombol power iPhone 6 yang berpindah lokasi ke bagian samping itu akan kompatibel dengan sejumlah aplikasi.

Liputan6.com, Cupertino - Selain bentang layarnya yang membesar, satu perubahan drastis pada desain iPhone 6 adalah pindahnya letak tombol power ke bagian samping kanan handset, dari yang sebelumnya selalu berada di bagian atas. Tentunya hal ini menarik perhatian banyak pihak dan menundang tanya.

Menurut laporan terbaru yang dilansir laman Apple Insider, Senin (8/9/2014), analis ternama dari KGI Securities, Ming Chi Kuo, mengatakan bahwa tombol power pada iPhone 6 akan memiliki fungsi khsusus. Bukan hanya untuk mematikan/menghidupkan, atau mengunci layar iPhone generasi terbaru tersebut.

Kuo yang selama ini dikenal selalu tepat memprediksi gerak-gerik bisnis Apple meyakini jika nantinya tombol power yang berpindah lokasi ke bagian samping itu akan kompatibel dengan sejumlah aplikasi. Kemungkinan besar adalah aplikasi kebugaran dan kesehatan yang memang ditonjolkan pada sistem operasi anyar iOS 8 yang bakal diusungnya.

Lebih lanjut Kuo menjelaskan, salah satu penyebab utama berpindahnya letak tombol power iPhone 6 adalah karena ukurannya yang 'membengkak'. iPhone yang hampir pasti bakal hadir dalam dua ukuran layar, yakni 4,7 dan 5,5 inci, dianggap akan menyulitkan pengoperasian satu tangan, terlebih jika tombol powernya masih diletakan di bagian atas.



Agar pengguna nyaman mengoperasikannya dengan satu tangan, maka posisi di bagian samping kanan adalah yang paling tepat. Persis dengan kebanyakan handset berbasis Android yang kini beredar di pasaran.

Apple saat ini diberitakan tengah mempersiapkan perhelatan peluncuran iPhone 6 yang bakal digelar pada 9 September, atau tepatnya 4 hari mendatang. The Flint Center di Cupertino, California, dipilih menjadi panggung Apple memamerkan iPhone 6 dan iWatch untuk pertama kalinya pada publik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini