Sukses

Begini Cara Lenovo Mendominasi Pasar UKM

Di pasar UKM atau SMB kita sudah lebih dulu mendominasi," " ungkap Adrian Lesmono, Consumer Segment Manager Lenovo Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Industri kreatif di Indonesia sedang menjadi perhatian banyak kalangan karena potensi besar di dalamnya. Perusahaan kecil dan menengah atau yang biasa disebut small medium business (SMB) di industri kreatif tak lepas dari pandangan perusahaan besar dalam memasarkan produk besutannya. 

Lenovo yang dikenal sebagai perusahaan teknologi asal Tiongkok mengklaim akan semakin giat melahirkan produk untuk segmen SMB. Langkah itu dilakukan agar bisa menjaga dominasi Lenovo di segmen pasar usaha kecil dan menengah.

"Di pasar UKM atau SMB kita sudah lebih dulu mendominasi. Sekarang kita sedang upayakan untuk bisa juga memperbesar pangsa pasar di kelas konsumen," ungkap Adrian Lesmono, Consumer Segment Manager Lenovo Indonesia.

Saat ini, kata Adrian, Lenovo telah cukup dikenal luas oleh pasar Indonesia sebagai pembuat komputer berkualitas. Popularitas itu disebutkan cukup membantu Adrian dalam mengekspansi pasar komputer Tanah Air.

Saat ditemui tim Tekno Liputan6.com, Adrian pun menjelaskan bahwa produk yang dibuat Lenovo untuk bermain di pasar UKM berupa komputer meja, komputer all in one (AIO), mini server hingga notebook yang bisa membantu produktivitas perusahaan.

Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah menyebutkan terdapat sekitar 55 juta perusahaan di kategori UKM atau SMB. Di pasar ini yang cukup besar itu, Lenovo harus bersaing ketat dengan Dell dan Hewlett Packard (HP) yang juga getol menggempur pasar UKM. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini