Sukses

iPhone 6 Ternyata Juga Tahan Air

Meski begitu, pihak Square Trade memperingatkan para pengguna agar tidak membawa iPhone 6 saat berenang atau menyelam.

Liputan6.com, California - Proses pembedahan jeroan iPhone 6 yang dilakukan oleh situs teknologi iFixit belum lama ini mengungkap sejumlah hal baru. Salah satu yang paling menarik adalah, pada celah-celah case smartphone anyar Apple itu ternyata dilapisi oleh segel karet. Ini artinya, iPhone 6 memiliki kemampuan tahan air yang cukup mumpuni.

"Bila kita lihat secara keseluruhan, tampaknya ini (penggunaan segel karet) merupakan usaha Apple untuk meningkatkan daya tahan debu/air pada iPhone 6," ungkap laporan iFixit. 

Menjawab penasaran para pengguna, salah satu firma yang mengurusi klaim garansi produk-produk Apple, Square Trade, dilaporkan telah melakukan tes uji ketahanan pada iPhone 6. Dan hasilnya pun memang tidak mengecewakan.

Dilansir laman Phone Cruncher, Rabu (24/9/2014), tim penguji dari Square Trade melakukan tes dengan mencelupkan iPhone 6 ke dalam air selama 10 detik dalam kondisi mati dan menyala. Setelah diangkat, ternyata smartphone tersebut baik-baik saja dan bisa berfungsi dengan normal.



Bahkan tim penguji dari Square Trade juga mencoba mencelupkan iPhone 6 ke dalam air sembari dihidupkan dan memutar video musik. Hasilnya iPhone 6 masih dapat beroperasi normal di dalam air, serta saat dikeluarkan dari dalam air.



"Audionya sempat mati, namun beberapa saat setelah itu bisa berfungsi kembali dengan normal. Ini artinya tidak ada kerusakan langsung pada ponsel," papar salah satu tim penguji dari Square Trade.

Meski begitu, pihak Square Trade memperingatkan para pengguna agar tidak membawa iPhone 6 saat berenang atau menyelam. Sebab, bagaimana pun iPhone 6 tidak memiliki sertifikasi IP67 atau IP58, alias secara resmi tidak dinyatakan memiliki kemampuan tahan air.

Setidaknya dengan begini pengguna tidak akan terlalu khawatir bila iPhone 6 terkena hujan atau tak sengaja tercelup ke dalam air. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.