Sukses

Facebook Messenger Bisa Dipakai Untuk Alat Pembayaran?

Seorang mahasiswa ilmu komputer Stanford, Andrew Aude, berhasil mendapatkan informasi mengenai sistem pembayaran di Facebook Messenger.

Liputan6.com, Facebook dilaporkan tengah bersiap memasuki bisnis pembayaran mobile dan bersaing dengan perusahaan seperti PayPal. Seorang mahasiswa ilmu komputer Stanford, Andrew Aude, berhasil mendapatkan informasi mengenai sistem pembayaran yang akan ada di Facebook Messenger.

Dilansir Business Insider, Senin (6/10/2014), Aude mempublikasikan screenshot hasil penelusurannya dalam sistem Facebook Messenger kepada Josh Constine dari Tech Crunch. Berdasarkan screenshot itu diketahui bahwa sistem pembayaran ini sama seperti cara Anda mengirim foto.



Pengguna nantinya bisa memasukkan data kartu debit ke Messenger dan menggunakan PIN untuk keamanan sistem pembayaran.

Menurut laporan Tech Crunch, ini bukan kali pertama bukti sistem pembayaran ditemukan di dalam Messenger. Peneliti keamanan, Jonathan Zdziarski, juga menemukan kode serupa pada akhir bulan lalu.

Sedangkan mengenai temuan Aude, dia menjelaskan cara kerja sistem pembayaran tersebut. Dia menyempatkan diri 'bermain' dengan fitur dan kode pembayaran di Messenger.

Cara kerjanya, pengguna cukup menekan sebuah tombol untuk melakukan pembayaran. Kemudian memasukkan jumlah uang yang ingin dikirim dan secara otomatis uang akan terkirim. Untuk keamanan, Facebook akan menjaga kerahasiaan transaksi dan tidak mempublikasikan apapun mengenai hal itu di News Feed.

Berdasarkan versi yang diinvestigasi Aude, pembayaran Messenger hanya bekerja dengan kartu debit, bukan kartu kredit ataupun rekening bank.

"Aplikasi ini tidak mencantumkan biaya tambahan, jadi mungkin akan gratis, setidaknya untuk tahap awal. Seiring waktu, Facebook mungkin akan mengenakan biaya tambahan sebesar US$ 1," tuturnya. Namun untuk biaya tambahan ini masih belum dikonfirmasi.

Langkah Facebook memasuki pasar pembayaran mobile semakin kentara dengan bergabungnya Presiden PayPal, David Marcus, pada Juni 2014. Saat itu, orang-orang berspekulasi bahwa kehadiran Marcus di Facebook menandakan bahwa pembayaran mobile akan segera hadir di Messenger.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.