Sukses

Bos Desain Apple Sebut Xiaomi Pencuri

Bos desain Apple, Jony Ive, menyebut perusahaan-perusahaan yang mencontek desain Apple sebagai pencuri.

Liputan6.com, Jakarta - Bos desain Apple, Jony Ive, mengomentari para kompetitor yang kerap dilaporkan mencontek desain produk Apple. Ive tanpa sungkan menyebut para kompetitor itu sebagai pencuri.

Pernyataan Ive ini disampaikannya dalam sebuah kesempatan wawancara dengan Vanity Fair di San Francisco pada Kamis malam, waktu setempat. Dalam wawancara yang disiarkan secara langsung, seorang penonton meminta pendapat Ive mengenai vendor asal Tiongkok, Xiaomi, yang membuat smartphone mirip dengan iPhone.

Secara umum, Ive menanggapi Xiaomi dan perusahaan-perusahaan lain yang membuat produk mirip seperti perangkat Apple. Dia menyebut itu sebagai pencurian langsung.

"Saya tidak melihat itu (mencontek desain) seperti sanjungan. Saya melihatnya sebagai pencurian," jawab Ive, seperti dilansir Business Insider, Sabtu (11/10/2014).

Menurutnya, mencontek ide-ide yang telah disiapkan dalam waktu yang lama, sama sekali tidak bisa dibenarkan. Menyalin ide orang lain, katanya, juga sebagai bukti kemalasan.

"Saya dan tim menghabiskan begitu banyak waktu mendesain berbagai produk. Sehingga sangat menyebalkan melihat pihak lain mengambil dan mencontek ide-ide tersebut," sambungnya.

Nama Xiaomi sendiri memang kerap dikaitkan dengan Apple dan memiliki julukan 'Apple versi Tiongkok'. Pihak Xiaomi, melalui Vice President Global Xiaomi, Hugo Barra, telah membantah bahwa Xiaomi mencontek Apple.

"Kami tidak mencontek produk-produk Apple. Jika Anda memiliki dua desainer yang sama-sama hebat, maka masuk akal jika keduanya membuat hasil yang sama. Jadi tidak ada masalah jika orang lain mencapai hasil yang sama," kata mantan eksekutif Google itu beberapa waktu lalu.

Di sisi lain, beberapa produk Xiaomi dinilai memiliki tampilan yang sama dengan produk Apple, salah satunya MiPad yang disebut mirip dengan iPad mini Retina Display. Selain itu, gaya berpakaian Chief Executive Officer (CEO) Xiaomi, Lei Jun, dalam acara peluncurkan smartphone Mi4 juga disebut meniru gaya andalan pendiri dan mantan CEO Apple, Steve Jobs. Yaitu mengenakan baju hitam dan celana jins biru.

Selain itu, Jun juga mengutip kalimat yang sangat khas dengan Jobs, one more thing. Namun Barra berdalih bahwa Xiaomi bukan satu-satunya perusahaan yang mengadopsi gaya presentasi Jobs. "Seluruh dunia melakukannya," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.