Sukses

CEO Yahoo Ingin Ubah Tumblr Seperti YouTube?

Chief Executive Officer (CEO) Marissa Mayer dilaporkan ingin menjadikan Tumblr seperti YouTube milik Google.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan blog Tumblr telah menjadi milik Yahoo, pasca diakuisisi senilai US$ 1,1 miliar pada tahun lalu. Setelah setahun berlalu, beredar laporan mengenai rencana rahasia Chief Executive Officer (CEO) Marissa Mayer, yaitu menjadikan Tumblr seperti YouTube milik Google.

Menurut laporan Business Insider, Jumat (10/10/2014), beberapa saat setelah Yahoo membeli Tumblr, sejumlah eksekutif media dan produk top Mayer mempresentasikan rincian rencana untuk properti baru Yahoo tersebut. Namun Mayer menolak semuanya.

Di sisi lain, salah satu upaya Mayer meyakinkan pendiri dan CEO Tumblr, David Karp, untuk menjual perusahaannya kepada Yahoo, yaitu berjanji bahwa layanan itu akan tetap menjadi properti independen. Sama seperti YouTube yang berjalan terpisah dari induk usahanya Google, dan Instagram yang kini di bawah naungan Facebook.

Seorang sumber mengatakan bahwa Mayer tidak ingin Tumblr menjadi mainan baru bagi para eksekutif Yahoo.

Waktu berlalu, Mayer dan timnya kini ingin memperluas visi mengenai apa yang bisa dilakukan Tumblr untuk Yahoo. Sebuah visi yang tidak berasal dari pikiran sang CEO Tumblr, Karp.

Menurut sejumlah sumber, para eksekutif Yahoo yakin Tumblr bisa menjadi jawaban perusahaan atas YouTube. Tumblr bisa menjadi distributor video eksklusif dari bintang YouTube seperti JC Caylen, JennXPenn, Teala Dunn, dan Ricky Dillon.

Sebelumnya, Re/code pada Maret 2014 juga melaporkan hal senada. Yahoo sedang menyiapkan rencana untuk menggoda para bintang populer dan jaringan YouTube, untuk menampilkan produk mereka di sebuah situs.

Menurut Business Insider, banyak orang berpikir bahwa Yahoo akan menggunakan produk video Yahoo, Screen, untuk 'menampung' video dari bintang YouTube itu tadi. Namun tidak begitu menurut tiga sumber, yang masing-masing dekat dengan Tumblr, Yahoo, dan penerbit media digital yang didekati oleh Yahoo. Raksasa internet ini ingin para bintang YouTube membuat channel baru di Tumblr.

Sementara laporan telah berhembus, juru bicara Yahoo dan Tumblr menolak berkomentar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.