Sukses

Mark Zuckerberg: 2/3 Penduduk Dunia Belum Terkoneksi Internet

`1/3 dari penduduk dunia memiliki akses internet, sedangkan 2/3 di antaranya belum terkoneksi dengan internet`

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menemui presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) di Balaikota DKI Jakarta dan blusukan ke Pasar Blok A Tanah Abang, CEO Facebook Mark Zuckerberg langsung bergegas ke acara Internet.org Summit di Four Season Hotel Jakarta.

Internet.org merupakan kampanye yang diinisiasi Facebook dengan visi membuat semua orang di dunia terhubung dengan koneksi internet. Zuckerberg menggandeng perusahaan teknologi lain untuk mendukung visi tersebut.

"Indonesia adalah salah satu negara terbesar di dunia yang penting bagi Facebook. 1/3 dari penduduk dunia memiliki akses internet, sedangkan 2/3 di antaranya belum terkoneksi dengan internet. Masih banyak batasan infrastruktur, network serta keterbatasan ekonomi dan sosial," kata Zuckerberg, Senin (13/10/2014) di Internet.org Summit, Four Season Hotel Jakarta.

Menurut Zuckerberg, keterbatasan ekonomi adalah salah satu penghalang. "Tahun lalu kami mengefisiensi penggunaan data dan membangun koneksi yang sesuai. Tujuannya adalah agar semua orang di dunia dapat tetap mengakses internet. Facebook mencoba mengorganisir banyak hal yang belum bisa dilakukan sebelumnya," tambah pria yang akrab disapa Zuck tersebut.

Internet.org didukung oleh perusahaan teknologi yang fokus pada industri perangkat mobile, seperti Ericsson, MediaTek, Opera Software, Samsung, Nokia, dan Qualcomm. Menurut data Internet.org, saat ini ada sekitar 2,7 miliar orang yang memiliki akses internet.

Sebelumnya, pagi ini Zuckerberg menemui Jokowi di Balaikota DKI Jakarta dengan mengenakan setelan jas hitam dipadu dasi abu-abu, didampingi 8 orang stafnya. Saat tiba di depan ruang tamu Balaikota, Zuckerberg langsung disambut Jokowi.

Zuckerberg menemui Jokowi untuk membicarakan tentang perkembangan internet di Indonesia. Usai pertemuan sekitar 40 menit di Balaikota DKI Jakarta, Jokowi mengajak Zuckerberg blusukan.

Pantauan Liputan6.com, Jokowi dan Zuckerberg menumpang mobil Toyota Innova hitam dengan plat nomor B 1124 BH menuju Pasar Blok A Tanah Abang, Jakarta. Setelah 15 menit perjalanan dari Balaikota, keduanya pun tiba di Tanah Abang, yang kini tidak lagi macet setelah dirapihkan oleh Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini