Sukses

Perluas Akses Internet, Facebook Gandeng XL dan Ericsson

Bos Facebook Mark Zuckerberg mengaku ingin memperluas akses internet di Indonesia dengan menggandeng XL dan Ericsson

Liputan6.com, Jakarta - Mark Zuckerberg selaku Bos Facebook melakukan kunjungan bisnis ke Indonesia. Miliarder muda berusia 30 tahun itu berencana melakukan kerjasama dengan berbagai pihak demi memperluas ketersediaan akses internet di Tanah Air.

"Facebook akan bekerjasama dengan berbagai perusahaan. Kami ingin coba mengorganisir yang belum bisa dilakukan selama ini," ungkap Zuckerberg di hadapan awak media pada acara Internet.org Summit di Four Season Hotel Jakarta, Senin (13/10/2014).

Zuckerberg mengaku pihaknya tengah berusaha memperluas ketersediaan akses internet di dunia. Indonesia yang merupakan rumah bagi puluhah juta pengguna Facebook diklaim sebagai bagian penting bagi perusahaan jejaring sosial terbesar di dunia itu.

Demi memperluas akses internet di Tanah Air, Facebook mengaku akan menjalin kerjasama dengan banyak pihak lain. Operator kedua terbesar di Indonesia, XL Axiata dan Ericsson sebagai penyedia solusi teknologi komunikasi disebutkan Zuckerberg sebagai rekanan dalam perluasan akses internet yang dilakukan Facebook.

"Kerjasama akan dilakukan antara Facebook, Ericsson, dan XL. Ericsson dan Facebook bisa memastikan kondisi koneksi. Ini agar orang bisa memastikan dirinya tetap dapat terhubung ke internet," ungkap Zuckerberg yang mengenakan kaus kasual berwarna abu-abu.

Lebih lanjut, Zuckerberg mengaku perusahaannya terus berusaha agar mengifisienkan penggunaan data. Tak hanya itu, pembangunan koneksi yang disesuaikan dengan lokasi dan masyarakat juga jadi bagian penelitian yang dilakukan Facebook.

Sebelum menemui awak media di Hotel Four Season Jakarta, Zuckerberg telah lebih dulu menemui Joko Widodo di Gedung Balaikota. Keduanya berencana menjalin kerjasama di bidang pengembangan teknologi berbasis internet dan UKM di era pemerintahan Jokowi-JK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini