Sukses

5 Fitur Baru di Android 5.0 Lollipop

Secara teknis, Android Lollipop diklaim sebagai update sistem operasi terbesar yang pernah dilakukan Google.

Liputan6.com, California - Google akhirnya secara resmi memperkenalkan sistem operasi Android versi 5.0 Lollipop. Secara teknis, Android Lollipop diklaim sebagai update sistem operasi terbesar yang pernah dilakukan Google.

Pada Lollipop, Google menghadirkan perubahan visual yang sangat signifikan dibandingan Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS) yang dirilis pada tahun 2011 lalu.

Tak hanya itu, Android Lollipop juga dibekali kemampuan integrasi antar perangkat seperti smartphone, tablet dan smartwatch berbasis Android.

Android Lollipop rencananya bakalan tersedia pertama kali untuk keluarga baru Nexus yang diluncurkan seperti Nexus 6 dan Nexus 9. Google pun menjanjikan Lollipop akan segera hadir untuk Nexus 4, Nexus 5, Nexus 7, Nexus 10 serta perangkat lain berbasis Google Play Edition.

Lalu apa saja sebenarnya keunggulan dari Android Lollipop? Berikut 5 fitur baru yang disematkan oleh Google di Android versi 5.0 Lollipop seperti yang dilansir laman Tech Buffalo:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Material Design

1. Material Design

Google membuat perubahan yang sangat besar pada sektor tampilan antarmuka. Kini di Android 5.0 Lollipop tampil lebih berwarna dan responsif. Google mendeskripsikan antarmuka Material Design pada Lollipop seperti 'cairan, yang bergerak dengan tujuan pasti'.

Meski berubah secara signifikan, namun para pengguna Android dijamin tidak akan kesulitan menavigasikan Android Lollipop. Sebagian aspek desain masih akan sangat akrab dengan pengguna.

3 dari 6 halaman

Notifikasi

2. Notifikasi

Fitur notifikasi selalu menjadi yang terpenting pada sebuah sistem operasi mobile. Android dikenal sebagai salah satu yang terbaik. Dan di Lollipop, fitur notifikasi telah diperbaharui menjadi semakin baik dan mudah dinavigasi pengguna.

Bila Anda sedang menonton video, kini Anda dapat mengatur apakah notifikasi akan dimunculkan atau tidak. Selain itu kini juga tersedia fitur Priority yang berfungsi layaknya fitur Apple Do Not Disturn di iPhone. Hebatnya lagi, notifikasi di Lollipop bisa Anda akses melalui halaman lockscreen.

4 dari 6 halaman

Hemat baterai

3. Hemat baterai

Android Lollipop digadang-gadang menjadi jalan keluar terbaik bagi masalah borosnya daya baterai sebuah perangkat Android. Fitur penghematan baterai pada Lollipop diklaim mampu memperpanjang daya baterai perangkat selama 90 menit.

Di Lollipop juga tersedia notifikasi khusus terkait berapa lama perkiraan waktu daya tahan baterai yang tersisa, dan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mengisi ulang daya baterai sampai penuh.

5 dari 6 halaman

Device sharing

4. Device sharing

Kini perangkat Android Anda dapat terintegrasi dengan banyak perangkat. Tak hanya berbagi konten, kini Anda juga dimungkinkan untuk berbagai tampilan layar dengan perangkat lain yang sama-sama berjalan di atas platform Android.

6 dari 6 halaman

Keamanan

5. Keamanan

Isu keamanan menjadi yang terpenting bila kita membicarakan ekosistem perangkat Android. Menurut keterangan Google, kini Android Lollipop sudah mengadopsi sistem keamanan terenkripsinsi secara default. Aplikasi yang dijalankan juga akan berjalan di atas sistem SELinux. Sistem ini diklaim anti malware.

Selain itu, Android Lollipop juga telah dilengkapi dengan fitur keamanan Android Smart Lock. Fitur ini akan menintegrasikan keamanan dua perangkat, salah satu perangkat hanya akan bisa dibuka bila diakses melalui perangkat pasangannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini