Sukses

`Virus Ebola` juga Jangkiti Komputer

Telah muncul sebuah malware baru bernama 'Ebola Virus' yang dikabarkan telah menyerang banyak komputer.

Liputan6.com, Jakarta - Virus Ebola tidak saja membuat panik dunia kesehatan, melainkan juga dunia teknologi. Tentunya bukan virus medis Ebola yang menyerang dunia teknologi, akan tetapi telah muncul sebuah malware baru bernama 'Ebola Virus' yang dikabarkan telah menyerang banyak komputer.

Menurut yang dilaporkan laman The Verge, penyebaran malware Ebola ini melalui email. Banyak pengguna yang menginformasikan bahwa mereka mendapatkan sebuah email yang diklaim dari World Health Organization (WHO). Di dalamnya menawarkan bantuan dan nasihat tentang tata cara menanggulangi virus Ebola.

Namun jangan sekali-sekali berani untuk membuka email tersebut. Jika dibuka, malware akan langsung menyebar di komputer Anda. Bahayanya, jenis malware ini diyakini memungkinkan para hacker untuk mengakses berbagai data pribdai yang ada di komputer Anda. Khususnya data-data yang berhubungan dengan transaksi finansial.

"Sudah lumrah penjahat cyber memanfaatkan peristiwa besar, bencana dan wabah untuk memikat calon korban dan menyebarkan malware mereka,” kata seorang ahli dari lembaga kemanan Spiderlabs Trustwave.

Lebih lanjut pihak Spiderlabs Trustwave menjelaskan, malware Ebola menjadi begitu merepotkan karena keberadaannya tidak terdeteksi oleh software anti virus. Para pengguna diharap waspada dan melakukan tindak pencegahan dengan tidak sembarang membuka email dari pihak asing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini