Sukses

Google Doodle Peringati Ulang Tahun Seniman Fenomenal Perancis

Salah satu metode karya seni Niki de Saint Phalle yang paling 'menohok' jagat seni dunia adalah 'Shooting Paintings'.

Liputan6.com, Jakarta - Google Doodle hari ini, Rabu (29/10/2014), memperingati 84 tahun kelahiran seniman wanita kenamaan asal Perancis, Niki de Saint Phalle. Ia adalah sosok seniman wanita yang cukup fenonemal dan tersohor pada masanya.

Niki berkarya di banyak aliran dan media seni. Ia dikenal sebagai seorang pematung, pelukis, sekaligus pembuat film yang telah menghasilkan banyak karya seni kelas dunia. Salah satu metode karya seni Niki de Saint Phalle yang paling 'menohok' jagat seni dunia adalah 'Shooting Paintings' yang diciptakannya pada tahun 1960-an.



Shooting Paintings adalah sebuah karya seni kontemporer berupa banyak potongan kantong plastik yang dibentuk menyerupai sosok manusia dan ditutupi dengan semen plester putih. Niki menciptakan karyanya itu dengan metode menembakkan potongan-potongan kantong plastik dengan cat lukis yang menghasilkan perpaduan warna yang sangat indah.

Masih banyak lagi karya-karya orisinil yang tersohor dari wanita yang dilahirkan di Neuilly-sur-Seine tidak jauh dari Paris ini. Pengalaman hidupnya yang dibesarkan di kota multikultural New York, Amerika Serikat, membuat Niki terinspirasi dengan keberagaman hidup.

Namun 'kegilaannya' dalam berkarya pula lah yang mengakhiri hidupnya. Niki de Saint Phalle meninggal dunia pada tanggal 21 Mei 2002 di California, Amerika Serikat. Ia tewas karena menghirup asap beracun di tengah pengerjaan karya seninya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini