Sukses

8 Koleksi 'Burung Besi' Menteri Susi Pudjiastuti (Bagian I)

Selain dikenal sebagai menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti juga merupakan pemilik maskapai penerbangan Susi Air.

Liputan6.com, Jakarta - Selain dikenal sebagai menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti juga merupakan pemilik maskapai penerbangan Susi Air.

Melalui pesawat miliknya, pengusaha tambak udang ini memberikan bantuan bagi korban bencana gelombang tsunami Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) yang terjadi pada Desember 2004.

Didirikan sebulan sebelum terjadinya tragedi Tsunami Aceh, Susi Air kini dilaporkan memiliki lebih dari 50 pesawat dari berbagai jenis. 8 di antaranya adalah Piaggio Avanti II, Cessna Grand Caravan Executive, Cessna Grand Caravan Commuter, Pilatus PC-6 Turbo Porter, Agusta Grand A109W, Agusta Koala A119Ke, Air Tractor AT-8002F, dan Diamond DA-42 Twin Star.

Dengan armada pesawat yang dimilikinya, Susi Air memberikan berbagai layanan untuk pengguna maskapai, mulai dari penerbangan penumpang, kargo hingga sewa pesawat.

Lebih jelasnya, simak sejumlah jenis 'burung besi' milik Susi Pudjiastuti, yang tim Tekno Liputan6.com himpun dari situs resmi Susi Air, Selasa (4/11/2014).


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Piaggio Avanti II

Piaggio Avanti II

Sejak Juli 2009, Susi Air menjadi salah satu perusahaan maskapai penerbangan yang paling diincar para penyewa pesawat. Piaggio Avanti II dikliam sebagai pesawat bermesin turboprop tercepat, lebih cepat ketimbang pesawat bisnis lainnya.

Kabinnya cukup luas, yang mana bisa menampung hingga 8 penumpang. Pesawat jenis ini siap melayani perjalanan bisnis hingga 150 tujuan di Indonesia.

Spesifikasi Piaggio Avanti II:

Tipe pesawat: Piaggio P180 Avanti (3 Aircraft in Fleet)
Tahun buatan: 2009
Kapasitas penumpang: 5 - 8 penumpang 
Jarak tempuh: maksimal 2.200 km
Kecepatan: 750 km/jam
Fitur lainnya: 2 Main Navigation GPS units, 1 Supplemental Moving Map GPS, 1 GPS based Terrain Warning, 1 GPS / Iridium based Aircraft Tracking and Autopilot, 1 Traffic Warning System, dan 1 Weather Radar System.

3 dari 5 halaman

Cessna Grand Caravan Executive

Cessna Grand Caravan Executive

Cessna Grand Caravan Executive adalah pilihan ideal bagi penumpang yang ingin mengutamakan kenyamanan dan kemewahan. Pesawat eksekutif 8 penumpang ini memiliki kabin yang sangat luas dan berdesain modern.

Untuk sistem hiburan, pesawat ini dilengkapi DVD player dengan layar 15 inci dan headset nirkabel berteknologi noise canceling. Cessna Grand Caravan Executive juga memiliki toilet tertutup dan terpisah.

Spesifikasi Cessna Grand Caravan Executive:

Tipe pesawat: Cessna Grand Caravan Executive (1 Aircraft in Fleet)
Tahun buatan: 2004
Kapasitas penumpang: 8 penumpang
Jarak tempuh: maksimal 1.500 km
Kecepatan: 300 km/jam
Fitur lainnya: 2 Main Navigation GPS units, 1 Supplemental Moving Map GPS, 1 GPS based Terrain Warning, 1 GPS/ Iridium based Aircraft Tracking and Autopilot, 1 Traffic Warning System, dan 1 Weather Radar System.

4 dari 5 halaman

Cessna Grand Caravan Commuter

Cessna Grand Caravan Commuter

Saat ini Susi Air memiliki 31 pesawat Cessna Grand Caravan Commuter jenis komuter, kargo, dan satu pesawat jenis VIP. Pesawat yang dibangun di Wichita, Kansas ini diklaim tahan terhadap berbagai kondisi cuaca.

Cessna Grand Caravan Commuter bahkan dapat beroperasi di segala lingkungan, dengan lebih dari 1.900 pesawat terjual di seluruh dunia. Lima pesawat yang dirancang pada tahun 2009 dilengkapi dengan teknologi kaca kokpit.

Spesifikasi Cessna Grand Caravan Commuter:

Tipe pesawat: Cessna Grand Caravan Commuter (31 Aircraft in Fleet)
Tahun buatan: 2014
Kapasitas penumpang: 12 penumpang
Jarak tempuh: maksimal 1.500 km
Kecepatan: 300 km/ jam
Fitur lainnya: Full IFR flight capability with double instruments, 2 Main Navigation GPS units, 1 Supplemental Moving Map GPS, 1 GPS based Terrain Warning, 1 GPS / Iridium based Aircraft Tracking and Autopilot, 1 Traffic Warning System, dan 1 Weather Radar System. 

5 dari 5 halaman

Pilatus PC-6 Turbo Porter

Pilatus PC-6 Turbo Porter

Susi Air mulai mengoperasikan dua pesawat ini pada Desember 2007 dan bertambah dua unit lagi pada tahun 2009. Pilatus PC-6 Turbo Porter memiliki kemampuan mendarat hampir di semua medan.

Pilatus PC-6 Turbo Porter dapat mendarat di landasan yang pendek, dengan panjang landasan minimal 250 meter. Ditambah memiliki kapasitas payload hingga 900 kg.

Spesifikasi Pilatus PC-6 Turbo Porter:

Tipe pesawat: Pilatus PC-6 B2H4 (9 Aircraft in Fleet)
Tahun buatan: 2007
Kapasitas penumpang: 7 - 9 penumpang
Jarak tempuh: 700 km - 1.250 km
Kecepatan: 230 km/ jam
Fitur lainnya: Full IFR flight capability with double instruments, 2 Main Navigation GPS units, 1 Supplemental Moving Map GPS, 1 GPS / Iridium based Aircraft Tracking & Communication System, dan 1 Weather Radar System.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Menjabat sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti kerap jadi perbincangan karena gayanya yang cuek. (Via: liputan6.com)
    Susi Pudjiastuti adalah pengusaha yang didaulat Jokowi menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja 2014-2019

    Susi Pudjiastuti