Sukses

Kecoak Bisa Selamatkan Manusia dari Bencana

Robot cyborg berbentuk kecoak ini diklaim dapat menyelamatkan seseorang yang terjebak dalam sebuah gedung yang dilanda kebakaran.

Liputan6.com, Jakarta - Sekelompok ilmuwan tengah mengembangkan robot cyborg berbentuk kecoak. Robot ini diklaim dapat menyelamatkan seseorang yang terjebak dalam sebuah gedung yang dilanda kebakaran.

Para peneliti dari North Carolina State University melengkapi `kecoak ajaib` itu dengan mikrofon dan sensor yang dapat mencari sumber suara.

Para ilmuwan berharap, selain dapat berguna untuk lembaga pertahanan Skynet, robot kecoak ini juga memungkinkan untuk menemukan manusia di ruang tertutup seperti bangunan runtuh atau gedung yang dilanda kebakaran.

Robot kecoak sendiri sebenarnya bukanlah sebuah penemuan baru. Teknologi sebelumnya, Roboroach, memungkinkan para peneliti untuk mengontrol populasi kecoa melalui antena microstimulating berupa sinyal eletrical.

Namu tim peneliti di North Carolina, satu langkah lebih maju dengan melampirkan mikrofon dan sensor mirip alat indera yang biasa digunakan kecoak untuk merasakan suasana sekitar. Dengan demikian, robot kecok ini dapat dikontrol untuk bergerak maju, belok ke kiri atau kanan, dan menuju sumber suara.

Mengutip laman Gizmodo, Sabtu (8/11/2014), suara-suara yang dimaksud adalah teriakan seseorang yang meminta tolong. Bila penelitian ini berhasil, penyelamat akan lebih mudah menemukan orang-orang yang terjebak dalam situasi bencana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini