Sukses

Fitur Baru WhatsApp: Pengguna Bisa Ketahuan Sudah Baca Pesan

Kini WhatsApp menyediakan tiga penunjuk status pesan, 'terkirim', 'telah sampai', dan 'dibaca'.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp merilis sebuah fitur anyar yang dinilai sangat berguna oleh banyak pengguna. Namun di sisi lain fitur ini juga terkadang bakal sedikit mempersulit pengguna.

Ya, jika di aplikasi chatting BlackBerry Messenger (BBM) terdapat notifikasi 'D' yang menunjukkan pesan 'delivered', dan 'R' menunjukkan pesan 'read' atau telah dibaca oleh pengguna, maka kini WhatsApp memperkenalkan fitur baru 'centang biru'.

Menurut yang dijelaskan laman Mashable, kini WhatsApp menyediakan notifikasi pada pesan yang Anda kirimkan dengan tiga penunjuk status pesan, yakni 'terkirim', 'telah sampai', dan 'telah dibaca'.

Pengguna WhatsApp akan melihat tanda satu centang berwarna abu-abu untuk notifikasi terkirim, lalu akan berubah menjadi dua centang abu-abu untuk notifikasi pesan diterima, dan yang terakhir adalah dua centang biru untuk notifikasi pesan telah dibaca.


Dengan begini, pengguna WhatsApp dapat mengetahui apakah pesannya sudah dibaca oleh pengguna lain yang menerima pesan. Artinya, kini pengguna tidak lagi bisa mengelak untuk tidak membalas pesan WhatsApp yang telah dibaca. Bahkan perincian kapan waktu pesan Anda sampai dan terbaca pun dapat dilihat dengan jelas.

Ketiga notifikasi anyar tersebut sayangnya belum tersedia untuk mode chatting berkelompok (grup). Dalam mode grup pengguna masih hanya akan melihat tanda satu centang berwarna abu-abu.

Update aplikasi WhatsApp ini tersedia bagi seluruh platform, baik Android, iOS, BlackBerry, serta Windows Phone.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.