Sukses

Philae, Satelit yang Mendarat di Komet 67P Kehabisan Baterai

Saat ini, mungkin akan terjadi masalah pada seberapa besar kemungkinan satelit ini untuk bisa untuk mengisi baterai.

Liputan6.com, Jakarta - Kemarin, Kamis, (13/11/2014), Google Doodle merayakan keberhasilan pendaratan robot satelit bernama Philae di komet 67P (Churyumov-Gerasimenko) dalam sebuah misi ruang angkasa yang dinamakan `The Rosetta Mission`, misi untuk mempelajari asal usul tata surya.

Diluncurkan pada tahun 2004 oleh European Spaces Agency (ESA), Philae berhasil sampai di komet 67P (Churyumov-Gerasimenko) pada Rabu 12 November 2014. Ia berhasil sampai setelah menempuh perjalanan selama 10 tahun atau melakukan perjalanan sejauh 6,4 miliar kilometer (km).

Seperti yang dilansir dari Bbc.com, Jumat (14/11/2104), Philae berhasil melakukan pendaratan setelah dua kali melambung dengan lama waktu pendaratan ke permukaan sekitar tujuh jam.

Namun saat ini, mungkin akan terjadi masalah pada seberapa besar kemungkinan satelit ini untuk bisa untuk mengisi baterai. Pengisian baterai memerlukan sinar matahari yang cukup.

Malangnya, kondisi tempat pendaratan Philae kurang pencahayaan.

Philae menerima sekitar 1,5 jam pencahayaan setiap rotasi komet selama 12 jam. Ini tidak akan cukup untuk membawa Philae kembali, bahkan memiliki performa yang sama dengan saat ini. Diperkirakan hari Sabtu mendatang, performa Philae akan menurun. (Jazaul Aufa/Dew).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.