Sukses

Telkomsel Resmi Luncurkan Layanan 4G LTE

Setelah lama dinanti-nanti, Telkomsel akhirnya merealisasikan rencana perusahaan untuk meluncurkan jaringan 4G LTE.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah lama dinanti-nanti, Telkomsel akhirnya merealisasikan rencana perusahaan untuk meluncurkan jaringan 4G Long Term Evolution (LTE) pada bulan ini. Anak usaha Telkom itu hari ini resmi meluncurkan jaringan 4G LTE secara komersial di spektrum 900 MHz.

Melalui peluncuran ini, Telkomsel sekaligus menja operator selular pertama yang meluncurkan jaringan 4G LTE di Indonesia. Telkomsel juga telah membuat laman khusus berisi berbagai informasi mengenai 4G LTE yaitu di internet.telkomsel.com/4g-lte.

"4G LTE bisa memudahkan kita dalam mengakses. Beragam aktivitas online dengan lebih efisien, seprti streaming musik, file sharing, video call, dan media sosial," tulis Telkomsel dalam laman internet.telkomsel.com, Senin (8/12/2014).

Untuk saat ini, wilayah yang dijangkau oleh jaringan 4G LTE Telkomsel baru Jakarta dan Bali saja. Wilayah lain akan menyusul kemudian. Sedangkan penukaran SIM Card Telkomsel 4G LTE (uSIM) bisa dilakukan di GraPARI Telkomsel.

Sementara itu, saat ini sudah ada sejumlah smartphone yang mendukung teknologi jaringan ke-empat tersebut. Antara lain, Samsung Galaxy Alpha, LG G3 4G LTE, Sony Xperia Z3, HTC One (M8), Huawei Ascend Mate 7, dan Nokia Lumia 820.

Komersialisasi jaringan 4G LTE ini sejatinya sesuai dengan pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, beberapa waktu lalu. Sedangkan untuk booming jaringan 4G LTE dan perangkatnya diprediksi akan terjadi pada pertengahan tahun depan.

"4G LTE akan launching komersial pada Desember, sedangkan hype-nya diperkirakan pada pertengahan 2015," ungkap Rudiantara kala itu.

Jauh sebelum 4G meluncur secara resmi, Telkomsel juga telah melakukan serangkaian persiapan termasuk dari sisi infrastruktur untuk memperkuat Base Transceiver Station (BTS) LTE, menambah antena atau modul. Selamat datang 4G!

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini