Sukses

Begini Wajah Mobil Pintar Google Usai Dipercantik

Raksasa mesin pencari itu telah menyelesaikan prototype pertama dari mobil dengan konsep self-driving tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Google kembali memamerkan versi terbaru mobil pintar besutannya. Raksaasa mesin pencari itu telah menyelesaikan 'complete prototype' pertama dari mobil dengan konsep self-driving tersebut.

Menurut yang dilansir Cnet, versi terbaru mobil pintar ini tidak tampak terlalu berbeda dengan model terdahulu yang diperkenalkan Google pada bulan Mei 2014. Tapi prototype ini memiliki fungsi yang lebih lengkap.

Mobil self-driving adalah proyek yang pertama kali diumumkan pada 2010. Ini adalah inisiatif pertama dari lab pengembangan dan riset Google X. Proyek lain yang digarap adalah kacamata pintar Google Glass dan nanopartikel untuk mendeteksi kanker.

Proyek-proyek itu merupakan upaya Google untuk terus agresif memperluas dominasi bisnis pencariannya. Selain itu juga untuk memiliki sumber aliran pendapatan lain.

Mengenai prototype baru mobil pintar ini, Google memberikan sedikit perubahan untuk mempercantik penampilannya. Termasuk casing yang lebih mengilap untuk peralatan di atas mobil.

Google mengatakan bahwa perusahaan akan menggunakan kontrol manual seperti pedal gas dan rem, ketika menguji mobil tersebut. Hal ini sesuai dengan peraturan California.

Kendati Google mengembangkan sendiri prototype miliknya, perusahaan membuka peluang bagi pihak lain untuk bekerjasama. Untuk mobil pintar, misalnya, Google mencari peluang kerjasama dengan manufaktur mobil untuk memasarkan mobil self-driving tersebut dalam waktu lima tahun mendatang. (din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.