Sukses

Hacker Umbar 13 Ribu Password Curian

Kelompok hacker yang dikenal sebagai Anonymous merilis sebuah file yang berisi 13 ribu password berbagai situs.

Liputan6.com, Jakarta - Kelompok hacker yang dikenal sebagai Anonymous merilis sebuah file 'spesial' pada hari Jumat, 26 Desember 2014 lalu. File itu berisi 13 ribu password dari berbagai situs seperti Amazon, PlayStation Network, dan Wallmart.

Informasi akun yang dicuri itu diposting di situs berbagai file internet, Ghostbin. Meski bukan termasuk peretasan password terbesar, tapi para pengguna internet diminta untuk selalu waspada.

Menurut Anonymous, sebagaimana dilansir Business Insider, puluhan ribu password ini berasal dari sumber online berbeda. Beberapa diantaranya adalah layanan populer.

Menurut laman DailyDot, situs-situs tersebut adalah Amazon, Walmart, PlayStation Network, Xbox Live, Twitch.tv, Origin.com, Hulu Plus, Dell, dan Shutterstock.

File tersebut juga berisi sejumlah akun dari situs pornografi dan kencan online. Selain itu, juga berisi sejumlah password untuk program keamanan populer yaitu CyberGhost, yang berfungsi untuk mencegah hacker mengintip aktivitas pengguna internet ketika menggunakan WiFi publik.

Jika Anda menggunakan salah satu layanan di atas, maka sebaiknya bersikap waspada. Salah satu tindakan yang bisa dilakukan adalah mengubah password dengan segera.

Tak hanya itu, Anonymous juga mem-posting salinan film The Interview, dengan tujuan agar pengguna internet bisa mengunduhnya. Dalam sebuah tweet, Anonymous mengatakan, "Ketika Anda adalah seorang perompak, maka semuanya gratis."

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini