Sukses

Gmail Diblokir di Tiongkok

Pemerintah Tiongkok disinyalir sedang berusaha memblokir akses Gmail ke seluruh warganya melalui jalur internet protocol (IP).

Liputan6.com, Jakarta - Tiongkok dikenal sebagai negara dengan Great Wall of China yang dibangun untuk melindunginya dari serangan bangsa lain. Namun, negara berideologi sosialis itu ternyata juga memiliki 'Great Firewall of China' agar terlindung dari serangan digital bangsa lain.

Negeri Tirai Bambu itu dikabarkan tengah mempersiapkan diri untuk memblokir layanan email milik Google, Gmail. Mengutip Ubergizmo, pemerintah Tiongkok disinyalir sedang berusaha memblokir akses Gmail ke seluruh warganya melalui jalur internet protocol (IP).

Secara teoritis, Tiongkok harus mempersiapkan setidaknya 1,3 miliar pemblokiran IP untuk setiap warganya.

Sebenarnya pemblokiran dari pemerintah China atas layanan perusahaan internet global yang beroperasi di negaranya bukanlah hal yang baru. Layanan Google sendiri telah beberapa kali mengalami pemblokiran akses dari setiap warga China yang memakai internet.

Sensor ketat dipasang Tiongkok ke layanan global seperti YouTube maupun mesin pencarian internet Google, yang salah satu penyebabnya ialah karena Google mambuat peringatan khusus bagi peristiwa Tiananmen yang terjadi 4 Juni 1989 di China. Meski begitu, pemblokiran Gmail jadi yang pertama terjadi di China.

Beberapa pihak disebutkan telah mengkonfirmasi atas adanya pemblokiran Gmail tersebut di China. Perusahaan analis internet Dyn Research maupun keluhan masyarakat lewat akun sosial media membenarkan bahwa pemerintah sudah mulai melakukan blokir Gmail di tingkat IP.

Namun, masih belum jelas kapan kebijakan pemblokiran Gmail ini akan benar-benar ditetapkan oleh pemerintah China. Jika benar diterapkan, maka nantinya warga China yang ingin mengakses Gmail harus menggunakan jalur VPN atau mengatur proxi-nya jika tak ingin terkena blokir.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini