Sukses

Xiaomi Jual 61 Juta Ponsel Sepanjang 2014

Vendor smartphone yang tengah naik daun, Xiaomi, mencatatkan prestasi baru yang diraih perusahaan sepanjang tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Vendor smartphone yang tengah naik daun, Xiaomi, mencatatkan prestasi baru yang diraih perusahaan sepanjang tahun 2014. Penjualan ponsel Xiaomi pada 2014 naik lebih dari tiga kali lipat dibandingkan satu tahun sebelumnya.

Dilansir Business Insider, Senin (5/1/2015), Chief Executive Officer (CEO) Xiaomi, Lei Jun, mengungkapkan bahwa perusahaan berhasil menjual 61 juta ponsel pada tahun 2014. Penjualan puluhan juta ponsel itu memberikan kontribusi lebih dari US$ 12 miliar untuk pendapatan Xiaomi pada tahun lalu.

Namun belum diketahui keuntungan yang didapatkan perusahaan dari penjualan tersebut. Pada 2013, menurut laporan Reuters, Xiaomi menghasilkan laba sebesar US$ 56 juta dari penjualan 19 juta ponsel.

2014 adalah tahun yang manis bagi Xiaomi. Menurut catatan Gartner pada Desember 2014, Xiaomi berhasil menyisihkan Samsung dan menjadi penjual smartphone nomor satu di Tiongkok pada tahun lalu.

Di sisi lain, kejayaan Xiaomi berdampak pada bisnis rivalnya. Menurut catatan Business Insider, keberhasilan Xiaomi menjadi penjual smartphone nomor satu di Tiongkok adalah faktor terbesar tergelincirnya penjualan smartphone Samsung.

Xiaomi saat ini belum menjadi perusahaan publik, tapi nilainya diperkirakan mencapai US$ 45 miliar berkat suntikan dana baru sebesar US$ 1 miliar yang didapatkan pada bulan Desember 2014.

Investor teknologi Rusia, Yuri Milner, mengaku terkesan melihat perkembangan pesat Xiaomi. Dia yakin Xiaomi bisa menjadi 'perusahaan US$ 100 miliar'.

(din/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.