Sukses

12 Karya Fotografi Terbaik Dunia Sepanjang 2014

Ini 12 karya fotografi terbaik dunia sepanjang Januari-Desember 2014. Foto-foto ini seakan menafsirkan ribuan bahasa dengan makna mendalam.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak karya fotografi menakjubkan yang berhasil dibidik oleh para fotografer komersial maupun fotografer jurnalis, sepanjang tahun 2014. Semua karya mereka seakan menafsirkan ribuan bahasa dan memiliki emosi yang mendalam.

Karya fotografi mereka memiliki tema yang beragam, mulai dari parade, skandal perayaan hingga peristiwa yang mencetak sejarah. Berikut ini adalah 12 karya fotografi terbaik di dunia sepanjang tahun 2014, yang tim Tekno Liputan6.com rangkum dari Huffington Post.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

1. Bentrokan Anti-pemerintah di Ukraina

1. Bentrokan Anti-pemerintah di Ukraina

Seorang pengunjuk rasa anti-pemerintah melemparkan bom molotov saat bentrok dengan polisi di Hrushevsky Street dekat Stadion Dynamo pada tanggal 25 Januari 2014 di Kiev, Ukraina.

Setelah protes anti-pemerintah berjalan damai selama dua bulan di pusat kota, undang-undang baru yang bertujuan untuk mengakhiri gerakan pengunjuk rasa kemudian memicu bentrokan anarkis.

3 dari 13 halaman

2. Nelayan Membawa Ikan Tobak

2. Nelayan Membawa Ikan Todak

Seorang nelayan membawa ikan todak berukuran besar dari pelabuhan ke sebuah pasar di Mogadishu, Somalia pada tanggal 11 Februari 2014.

4 dari 13 halaman

3. Pemilihan Umum di Afganistan

3. Pemilihan Umum di Afganistan

Warga Afganistan mengantre untuk mengambil kartu pemilih di sebuah pusat pendaftaran pemilihan umum di Kabul pada 30 Maret 2014. Enam hari menjelang pemilihan umum untuk mencari pengganti Presiden Hamid Karzai, warga diguncang oleh serangan Taliban.

5 dari 13 halaman

4. Peternak Lebah

4. Peternak Lebah

Foto ini diambil pada 9 April 2014, menampilkan seorang peternak lebah lokal bernama She Ping. Tubuh pria 34 tahun itu diselimuti segerombolan lebah di sebuah bukit kecil di barat daya Chongqing, China.

Ping diketahui memiliki lebih dari 460.000 lebah - menarik mereka ke tubuhnya dan membuat dirinya seperti memakai baju lebah - beratnya sekitar 45,65 kg dalam waktu 40 menit.

6 dari 13 halaman

5. Imam Hindu

5. Imam Hindu Menaiki Ratusan Anak Tangga

Seorang imam Hindu berjalan menaiki 272 anak tangga di luar candi Batu Caves di Kuala Lumpur pada 9 Mei 2014. Candi ini dibangun di atas bukit kapur berbentuk gua - merupakan salah satu kuil Hindu yang paling populer di luar India, didedikasikan untuk Lord Murugan.

7 dari 13 halaman

Aksi Bungkam Wartawan

6. Aksi Bungkam Wartawan 

Staf BBC dan rekan dari organisasi berita lainnya mengambil bagian dalam satu menit aksi bungkam di luar New Broadcasting House pada 24 Juni 2014 di London, Inggris.

Aksi ini dilakukan untuk memprotes keputusan pengadilan atas tujuh tahun hukuman penjara yang diberikan kepada tiga wartawan Al-Jazeera di Mesir.

8 dari 13 halaman

7. Puing MH17

7. Puing MH17

Puing dari Malaysia Airlines MH17 terlihat membara di sebuah lapangan pada 17 Juli 2014 di Grabovo, Ukraina dekat perbatasan Rusia. MH17 dalam perjalanan dari Amsterdam ke Kuala Lumpur - membawa 295 penumpang dan awak, diyakini telah ditembak jatuh oleh rudal.

9 dari 13 halaman

8. Polisi Terbakar Bom Monotov

8. Polisi Terbakar Bom Monotov

Seorang polisi anti huru-hara terbakar akibat bom molotov yang dilemparkan oleh sekelompok pengunjuk rasa anti-pemerintah di San Cristobal, Venezuela pada tanggal 25 Agustus 2014.

Para demonstran memprotes kontrol sidik jari untuk membeli makanan, kenaikan biaya transportasi umum, kurangnya keamanan, dan penutupan perbatasan dengan Kolombia.

10 dari 13 halaman

9. Aksi Pengunjuk Rasa di Hongkong

9. Aksi Pengunjuk Rasa di Hongkong

Para pengunjuk rasa berkumpul di belakang barikade selama protes pro-demokrasi berlangsung pada tanggal 28 September 2014 di Hong Kong. Ribuan orang mengambil alih Connaught Road, salah satu jalan raya utama di Hong Kong, sebagai bagian dari protes reformasi politik.

11 dari 13 halaman

10. Tragedi Suriah

10. Tragedi Suriah

Sebuah ledakan bom bunuh diri di pusat kota Kobani, Suriah terlihat dengan jelas. Tragedi itu berlangsung di perbatasan Turki-Suriah pada 20 Oktober 2014 di provinsi Sanliurfa, Turki.

Menurut Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu, Turki kabarnya akan membantu pejuang Kurdi menyeberangi perbatasan Suriah untuk melawan militan ISIS di kota Kobani, sementara Amerika Serikat mengirimkan pesawat untuk menjatuhkan senjata, amunisi, dan pasokan medis untuk pejuang Kurdi.

12 dari 13 halaman

11. Kesibukan Anjing Pudel

11. Kesibukan Anjing Pudel

Seorang pria mendandani anjing pudel mini miliknya setelah tampil di kompetisi China International Pet Show, Beijing pada tanggal 17 November 2014. Ajang internasional ini berlangsung selama empat hari, dari 17-20 November 2014.

13 dari 13 halaman

12. Gerombolan Kera Jepang

12. Gerombolan Kera Jepang

Puluhan kera berkumpul di "Osaru no Kuni" di Shodo Island pada tanggal 2 Desember 2014 di Tonosho, Kagawa, Jepang. Kera ini merupakan daya tarik yang populer bagi wisatawan. Sekitar 500 kera liar di Jepang dilindungi dan dirawat oleh pemerintah setempat.

(isk/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.