Sukses

Kunci Sukses Google: Karyawan Boleh Ngobyek di Luar Kantor!

Kebijakan ini dinilai sangat berhasil meningkatkan kreativitas dan semangat kerja para karyawan Google.

Liputan6.com, California - Google kini menjelma menjadi perusahaan rakasasa di sektor bisnis berbasis internet. Produk-produk layanan inovatif yang sangat digemari oleh pengguna kerap dilahirkan oleh Google. 

Lalu sebenarnya apa kunci sukses perusahaan yang awalnya hanya bergerak di sektor mesin pencari berbasis internet ini?

Menurut yang dilansir laman Business Insider, divisi sumber daya manusia Google memiliki kebijakan yang sangat terkenal, bahkan menjadi legenda di lingkungan perusahaan teknologi yang bermarkas di Silicon Valley, California, Amerika Serikat.

Ya, Google memiliki sebuah kebijakan unik yang dikenal dengan sebutan `20% Time`. Apakah `20% Time` itu?

Kebijakan `20% Time` memungkinkan para karyawan Google menyisihkan 20% waktu bekerja mereka dalam seminggu untuk mengerjakan urusan-urusan lain di luar urusan kantor. Dengan kata lain, dalam seminggu karyawan Google diberi waktu bebas satu hari -- di luar libur akhir pekan -- untuk mengerjakan hal lain, apakah itu hobinya, proyek pekerjaan sampingan, atau apapun.

Kebijakan ini dinilai sangat berhasil meningkatkan kreativitas dan semangat kerja para karyawan Google. Bahkan kabarnya banyak produk layanan andalan Google berasal dari 20% waktu bebas karyawannya.

Layanan Gmail contohnya. Menurut rumor yang beredar, Gmail adalah hasil karya salah seorang karyawan Google yang awalnya digarap bukan untuk Google. Namun karena dianggap potensial, maka Google pun mengembangkan Gmail sebagai layanan besutannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cuma mitos!

Cuma mitos!

Namun kebijakan `20% Time` dinilai hanya sebagai sebuah mitos oleh Marissa Mayer, mantan karyawan awal Google yang kini menjabat sebagai CEO Yahoo.

Menurut Mayer, kebijakan `20% Time` hanyalah sebuah motivasi untuk para karyawan. Padahal pada kenyataannya Google memberikan `120% Time` bagi seluruh karyawannya. Dalam artian, karyawan diberikan kebebasan untuk berkreasi tanpa harus terkungkung mengerjakan rutinitas yang itu-itu saja tiap harinya.

"Ini sangat lucu. Saat saya tidak di Yahoo, orang-orang langsung meminta saya untuk menerapkan kebijakan `20% Time` di Yahoo. Tapi saya harus mengungkapkan sebuah rahasia kecil, tidak ada kebijakan `20% Time di Google, namun yang ada adalah kebijakan `120% Time."

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.