Sukses

Samsung Z1, Smartphone Murah Berbasis Tizen OS

Smartphone ini terbilang unik karena tak memakai sistem operasi Android yang biasa dipakai Samsung.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah lama menjadi buah bibir, Tizen yang merupakan sistem operasi mobile hasil pengembangan Samsung akhirnya diluncurkan secara resmi. Smartphone pertama yang memakai sistem operasi Tizen mengusung nama Samsung Z1.

Perusahaan asal Korea Selatan itu berencana mendistribusikan Samsung Z1 ke India. Negeri Hindustan diakui Samsung sebagai pasar pertama untuk perangkat yang memakai sistem operasi buatannya sendiri itu.

Salah satu keunikan Z1 memang sistem operasi Tizen OS. Pasalnya, Samsung selama ini dikenal sebagai perusahaan pembuat smartphone dengan sistem operasi Android buatan Google, yang juga telah membesarkan namanya di industri smartphone dunia.

Menurut Techcrunch, pada saat peluncuran Z1, Samsung dengan penuh percaya diri membeberkan segala keunggulan yang dibenamkannya pada smartphone berbasis Tizen OS tersebut. Kapasitas yang lebih ringan dari sistem operasi lain diklaim sebagai salah satu keunggulan yang dimiliki Tizen.

Samsung juga mengklaim bahwa Tizen mempunyai kecepatan proses yang lebih cepat dan stabil.  Tak hanya itu, energi yang dibutuhkan Z1 disebutkan lebih hemat bila dibandingkan Android yang membuat smartphone bisa bertahan lebih lama.

Secara umum, Z1 bukan perangkat pertama yang berjalan di atas Tizen OS. Samsung sebelumnya sudah meluncurkan beberapa perangkat lain yang berjalan di atas Tizen OS yakni SmartTV dan jam tangan pintar Samsung Gear S.

Samsung sebenarnya berniat meluncurkan Z1 pada tahun 2014 lalu di Rusia, namun rencana itu akhirnya tertunda dan baru benar-benar bisa diwujudkan pada awal tahun 2105. Handset ini dibanderol hanya dengan harga US$ 92 atau setara Rp 1 jutaan.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini