Sukses

Samsung Pamerkan Kamera Mirrorless Android Terbarunya

Lewat lini kamera mirrorless terbarunya, NX1, Samsung ingin menunjukkan keseriusannya di dunia fotografi.

Liputan6.com, Bangkok - Selain sebagai produsen smartphone, Samsung juga dikenal sebagai pembuat kamera digital. Namun bukan untuk kalangan pro (profesional). Lewat lini kamera mirrorless terbarunya, Samsung ingin menunjukkan keseriusannya di dunia fotografi.

Di acara Samsung Forum 2015 yang digelar di Bangkok, Thailand yang turut dihadiri tim Tekno Liputan6.com, produsen elektronik asal Korea Selatan itu mengumumkan kehadiran kamera mirrorless pintar terbarunya -- Galaxy NX1.

"NX1 merupakan produk flagship terbaru Samsung untuk kategori mirrorless. Tren menunjukkan ada kemungkinan mirrorless akan melampaui penjualan kamera DSLR pada tahun 2019, inilah yang membuat Samsung fokus di segmen ini", jelas Dany Setiawanto, Regional Head Digital Imaging Business Southeast Asia, Oceania & Taiwan, Samsung Electronics. 

Dari sisi ukuran dan bentuk, NX1 terlihat seperti kamera DSLR. Tapi sebenarnya NX1 adalah kamera mirrorless yang dilengkapi viewfinder OLED 2,36 juta dot. Samsung punya alasan tersendiri mengapa NX1 dibuat dengan ukuran besar layaknya kamera DSLR.

"Target NX1 adalah kalangan semi-pro sehingga mereka perlu agar bisa memegang kamera dengan enak. Untuk di kelasnya NX1 masih jauh lebih ringan, 250-300 gram lebih ringan", klaim Dany di hadapan para wartawan.


NX1 adalah kamera pertama dari seri Samsung NX yang dilengkap fitur Bluetooth serta Wi-Fi standar IEEE 802.11ac berkecepatan 80 Mbps yang tidak hanya mampu mentransfer foto, tetapi juga video dengan cepat dan mudah.

NX1 mampu merekam video 4K dan menangkap gambar super cepat dengan kecepatan 15 frame-per-detik (fps) yang didukung oleh High Speed Imaging Engine DRIMe V. Kamera ini dibekali sensor APS-C berukuran 28 megapixel (MP) sehingga dapat menghasilkan foto beresolusi tinggi.

"Kualitas gambar selalu menjadi fitur utama yang terus kami tingkatkan. NX1 mampu beroperasi dengan ISO tingkat tinggi", ungkap Gregory Augusta, Product Marketing Manager Digital Imaging Samsung Electronics Indonesia di kesempatan yang sama.

Ia juga menambahkan, NX1 dapat menghasilkan gambar yang tajam dan fokus berkat adanya 250 titik phase detection (P.D.) yang tersebar di seluruh layar gambar sehingga kamera tetap fokus dan menangkap gerakan yang cepat dari sebuah objek dan mengikuti kemana objek bergerak.

NX1 terbuat dari magnesium alloy sehingga dipastikan kamera ini memiliki daya tahan yang tinggi. Yang menarik lagi, kamera ini juga bisa terhubung ke perangkat mobile lainnya seperti smartphone melalui konektivitas yang cepat.

Soal harga, sayangnya pihak Samsung masih belum bisa mengungkapnya. "Harga masih dirahasiakan. Tapi yang pasti, kita akan mengeluarkan dua paket yaitu body-only dan juga paket lengkap dengan lensa," kata Gregory.

Rencananya kamera ini akan mulai dipasarkan pada bulan Maret mendatang.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.