Sukses

Ini Perbedaan Canon EOS 5Ds dengan EOS 5Ds R

EOS 5Ds dipastikan tidak datang sendirian. Versi lebih tingginya yaitu EOS 5Ds R bakal diperkenalkan pada waktu dan tempat yang sama.

Liputan6.com, Tokyo - Seperti yang diketahui bahwa kamera DSLR dengan sensor beresolusi terbesar di dunia, Canon EOS 5Ds, akan diperkenalkan pada ajang fotografi akbar CP+ Exhibition di Pacifico Yokohama, Jepang, 12-15 Februari 2015.

EOS 5Ds dipastikan tidak datang sendirian. Versi lebih tingginya yaitu EOS 5Ds R bakal diperkenalkan pada waktu dan tempat yang sama. Lalu, apa perbedaan yang dimiliki keduanya?

Sebelum diumumkan di CP+ Exhibition, tim Tekno Liputan6.com secara eksklusif diberikan kesempatan untuk hands-on kedua kamera DSLR high-end tersebut di markas besar Canon Inc di Shimomaruka, Tokyo, Jepang.

Keduanya masuk dalam keluarga EOS 5D dengan lompatan megapiksel yang mengesankan - dari model sebelumnya EOS 5D Mark III dengan sensor 22,3 megapiksel (MP), naik lebih dari dua kali lipat menjadi 50,6 MP.

Secara fisik, keduanya tampak identik, di mana layar LCD yang tertanam di bagian belakang sama-sama berukuran 3,2 inci dengan 1,04 juta dots.

"Dari segi spesifikasi dan desain, secara umum tidak ada yang berbeda. Yang membedakan adalah EOS 5Ds R dilengkapi dual low-pass filter (LPF) system untuk menghasilkan gambar yang lebih tajam dan detail untuk pengambilan foto landscape," kata Atsuo Kasamatsu, General Manager ICP Group 2 Canon Inc.

Di luar dari itu, keduanya sama-sama ditopang prosesor dual DIGIC 6, sensor metering RGB+IR 150K piksel dengan 252 area, dua slot kartu SD/CF, intervalometer, bulb timer, dan time-lapse movie creation.

Ditambah rentang ISO 100 hingga 6400, burst rate hingga 5 frame per detik, autofokus 61-titik, shutters rated hingga 150.000 kali, dan bodi magnesium alloy yang diklaim tahan cuaca.

(isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.