Sukses

5 `Kabar-kabur` Mobil Pintar Besutan Apple

Pihak Apple sendiri --seperti biasanya-- hingga saat ini masih tetap bungkam, tak ada satu pun kabar yang mereka konfirmasi.

Liputan6.com, Jakarta - Sepekan belakangan ini jagat teknologi dihebohkan dengan rumor manuver bisnis teranyar dari Apple. Perusahaan berlogo buah apel tergigit itu santer dikabarkan tengah mengembangkan proyek mobil pintar bertenaga listrik.

Namun anehnya kabar yang beredar dari berbagai sumber itu 'tak seirama' satu sama lain. Banyak beda pendapat terkait gosip langkah bisnis Apple yang merambah dunia otomotif.

Pihak Apple sendiri --seperti biasanya-- hingga saat ini masih tetap bungkam, tak ada satu pun kabar yang mereka konfirmasi. Seolah-olah Tim Cook Cs menikmati melihat rumor mobil pintar ini menjadi efek 'bola salju' dan membuat publik semakin penasaran.

Persis seperti apa yang diungkapkan oleh analis kenamaan dari Piper Jaffray, Gene Munster, dalam laporannya. Menurut Munster, bocornya informasi rahasia tentang mobil pintar Apple adalah sebuah keuntungan.

Di luar fakta apakah mobil pintar tersebut benar ada atau tidak, ia memprediksi rumor yang sudah kadung menyebar luas ini akan mendongkrak nilai saham Apple. Dan yang terpenting akan membuat bahagia para investor.

Apa yang dilakukan Apple memang selalu berhasil membuat banyak orang penasaran. Dan berikut adalah 5 hal yang perlu Anda ketahui terkait 'kabar-kabur' pengembangan mobil pintar Apple:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

NEXT

1. Rumor pengembangan mobil pintar Apple pertama kali dihembuskan oleh seorang sumber kepada Wall Street Journal. Sang sumber melaporkan bahwa Apple telah mempekerjakan ratusan karyawan baru dari industri otomotif. Salah satu 'karyawan' baru Apple yang terlibat dalam proyek rahasia itu adalah Johann Jungwirth, mantan CEO Mercedes-Benz Research & Development.

Disebutkan pula bahwa proyek ini diberi kode nama 'Titan', serta mobil pintar Apple akan berdesain minivan.

2. Sumber Wall Street Journal mengatakan bahwa mobil pintar Apple bukanlah jenis mobil self-driving seperti yang sejak beberap tahun kemarin dikembangkan Google. Apple disebutkan lebih tertarik untuk mengembangkan mobil bertenaga listrik tanpa BBM seperti yang telah dirilis oleh Tesla.

3. Namun informasi tersebut dibantah oleh sumber lain yang berbicara kepada Reuters. Menurut sumber Reuters, mobil pintar Apple adalah jenis mobil self-driving canggih persis seperti Google.

3 dari 3 halaman

NEXT

4. Rumor ini sendiri awalnya dipicu oleh penampakan sebuah mobil minivan milik Apple yang membawa seperangkat kamera canggih di bagian atapnya, persis seperti mobil Google StreetView. Mobil ini terlihat berkeliling di wilayah Bay Area, California. Mobil ini diyakini sebagai prototipe mobil pintar Apple yang bisa mengemudi sendiri (self-driving).

5. Analis kenamaan dari Piper Jaffray, Gene Munster, melihat bocornya informasi rahasia tentang mobil pintar Apple adalah sebuah keuntungan. Ya, di luar fakta apakah mobil pintar tersebut benar ada atau tidak, Munster memprediksi rumor yang sudah kadung menyebar luas ini akan mendongkrak nilai saham Apple. Dan yang terpenting akan membuat bahagia para investor.

"Informasi yang bocor ini dapat memberikan wawasan kepada para investor atas apa yang akan mungkin dilakukan Apple sebagai perusahaan di masa mendatang. Kondisinya sama ketika harga saham Apple menjulang tinggi saat rumor perilisan iPhone 5 tersebar," tulis Munster dalam laporannya yang dilansir laman Business Insider.

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.