Sukses

Mayoritas Orangtua Tak Tahu Anaknya jadi Korban Cyberbullying

Niat baik orang tua untuk memberikan privasi kepada anak sebaliknya bisa membuat mereka lebih rentan menjadi korban.

Liputan6.com, Jakarta - Hampir seperempat (22%) orang tua merasa mereka tidak dapat mengendalikan apa yang anak-anak mereka lihat atau lakukan pada saat online. Demikian hasil survei yang dilakukan oleh Kaspersky Lab dan B2B International.

Niat baik dari para orang tua untuk memberikan privasi kepada anak sebaliknya bisa membuat mereka lebih rentan terhadap pelecehan dan perlakuan kejam secara online. Sebagai contoh, hanya 19% responden mengatakan mereka berteman dengan atau mengikuti anak-anak mereka di jaringan media sosial dan hanya 39% memantau aktivitas online anak-anak mereka. Hanya 38% responden yang berbicara kepada anak-anak mereka tentang risiko online, yang mencerminkan kurang adanya kepercayaan dan pemahaman.

Studi ini juga menemukan bahwa anak-anak sering enggan mengakui bahwa mereka mengalami cyberbullying. Faktanya seperempat (25%) dari orang tua yang anak-anaknya telah dilecehkan secara online mengatakan bahwa hal tersebut telah lama berlangsung sebelum mereka mengetahuinya.  

Hal ini sangat mengkhawatirkan karena pelecehan online dapat dengan mudah meluas ke intimidasi di dunia nyata, seperti yang terjadi pada 26% orang tua yang menemukan anaknya menga lami cyberbullying.

Dampak emosional jangka panjang dari cyberbullying dapat sangat berpengaruh bagi anak-anak muda dan orang tua perlu tahu sehingga mereka dapat bertindak untuk menghentikannya. Hasil studi Kapersky Lab menemukan bahwa hanya 44% orang tua yang anak-anaknya mengalami cyberbullying telah melakukan langkah-langkah pencegahan.

Eugene Kaspersky, CEO Kaspersky Lab, dalam keterangan pers yang dipublikasikan mengatakan, "Internet membawa banyak manfaat besar, tapi sayangnya itu juga memungkinkan orang-orang tertentu untuk melepaskan sifat-sifat manusia yang merusak, dan cyberbullying telah menjadi masalah yang mulai meluas belakangan ini."

"Bagi para korban, kerusakan psikologis bisa besar dan bertahan lama. Kemungkinan belum ada jawaban dari sisi teknologi, tetapi kita harus membahas hal tersebut untuk meningkatkan kesadaran akan masalah ini dan membantu anak-anak muda dan orang tua mereka merasa aman dengan menawarkan sebagian besar hal-hal yang baik di internet," jelas Eugene lagi.

Akan menjadi hal yang cukup sulit untuk benar-benar dapat mencegah cyberbullying, tetapi ada beberapa langkah sederhana yang dapat diambil untuk melindungi anak-anak dari masalah ini beserta konsekuensinya.

Misalnya, meninjau kembali pengaturan privasi di jejaring sosial yang memungkinkan orang dewasa untuk membantu anak-anak mereka untuk mengontrol siapa yang bisa melihat postingan dan menulis pesan. Mempergunakan secara penuh pengaturan kontrol orang tua dalam aplikasi perangkat lunak dan solusi keamanan yang dapat memberikan perlindungan yang kuat dan ketenangan pikiran.

Para orang tua bahkan perlu melangkah lebih jauh lagi dari sekedar teknologi. Orang tua perlu menjelaskan kepada anak-anak mereka mengenai pentingnya untuk menjaga informasi pribadi menjadi hal pribadi, dan tidak mengungkapkan rincian seperti alamat, nomor telepon, sekolah, nomor kartu kredit, dan banyak lainnya secara online.

(dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.