Sukses

Gamepedia: Review Resident Evil Revelations 2 - Episode 1

Resident Evil Revelations 2 hadir dalam format digital yang dikemas dalam jumlah empat episode yang dirilis setiap minggu.

Liputan6.com, Jakarta - Ini merupakan pertama kalinya developer game Capcom menghadirkan seri game horor primadonanya -- RE (Resident Evil) dalam bentuk seri episodik. Dengan membawa seri lanjutan Revelations, RE Revelations 2 kembali membawa karakter kawakan Claire Redfield sebagai jagoan seri survival horror ini untuk mengungkap misteri baru yang belum pernah terkuak. 

Resident Evil Revelations 2 hadir dalam format digital yang dikemas dalam jumlah empat episode yang dirilis setiap minggu untuk konsol PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One dan juga PC. Episode 1 dirilis pada 3 Maret 2015.

Hadirnya RE Revelations 2 tentunya dapat menyaingi popularitas Resident Evil Remaster HD yang baru juga dirilis belakangan ini. Dengan membawa konsep cerita baru, RE Revelations 2 akan membuat para pemainnya penasaran apa yang akan dialami Claire dan yang lainnya di seri kali ini.

Beruntung Tim Tekno Liputan6.com telah mencoba memainkan episode pertama dari RE Revelations 2 yang berjudul `Penal Colony`ini. Secara garis besar, terdapat sejumlah kelebihan dan kekurangan yang dirasakan setelah mencoba game ini. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan mengenai game Resident Evil Revelations 2: Episode 1 berikut ini.

>>> Selanjutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Karakter lama, storyline baru

Karakter lama, storyline baru

Episode kali ini tentunya menghadirkan Claire kembali setelah terakhir kali ia muncul sebagai karakter utama di RE Code: Veronica untuk platform konsol PS2. Awal cerita dimulai dari Claire yang terbangun di sebuah penjara setelah menghadiri pesta bersama seorang temannya yang bernama Moira Burton, anak perempuan dari karakter senior RE 1, Barry Burton.

Mereka harus mencari jalan keluar dari penjara tersebut, Claire dan Moira digelangi oleh sebuah gelang bercahaya yang berfungsi sebagai alat komunikasi dengan seorang wanita misterius yang mengawasi gerak-gerik mereka di penjara tersebut.

Di plot cerita lainnya, Episode 1 juga menghadirkan Barry dengan kisahnya yang berusaha mencari Moira dan Claire yang ternyata hilang di sebuah pulau. Disini, Barry bertemu dengan seorang anak kecil yang mempunyai kemampuan khusus, Natalia Korda.

Storyline
di RE Revelations 2 tentunya memberikan rasa baru untuk para fans RE yang sepertinya sudah `bosan` dengan cerita yang terjadi di seri RE sebelumnya.

Di Episode 1 yang berdurasi kurang lebih 2 jam ini, Claire bekerja untuk organisasi anti bioterorisme yang bernama Terra Save, dan Moira ternyata juga merupakan karyawan baru di perusahaan anti bioterorisme tersebut.

Hal ini tentunya membuat para fans penasaran apa yang membuat Claire dan Moira diculik. Apakah ada musuh baru yang hadir untuk mereka?

Capcom sepertinya memang tidak `berani` menciptakan karakter protagonis baru yang bisa menyaingi popularitas jagoan lama RE seperti Leon Kennedy, Chris Redfield, Jill Valentine ataupun Claire Redfield.

Faktanya mereka hanya menghadirkan sosok karakter pendukung baru seperti Moira yang merupakan gadis blak-blakan, ataupun Natalia sang anak kecil pemberani. Namun pada dasarnya peran Moira dan Natalia tidak memegang kendali penting di Episode 1 ini.

Bagaimanapun, Capcom dinilai cukup mampu memberikan jalan cerita baru yang tentunya mengundang rasapa penasaran gamer di seri ini. Terlebih Capcom mengemasnya dalam seri episodik yang dipastikan membuat para fans RE `gemas` menantikan yang akan terjadi selanjutnya.

>>> Selanjutnya

3 dari 4 halaman

Gameplay baru hadirkan fitur menarik

Gameplay baru hadirkan fitur menarik

Sama seperti RE Revelations, nampaknya RE Revelations 2 berusaha untuk menghadirkan gameplay `back to basic` ala RE klasik (Resident Evil 1-3). Usaha Capcom terhitung cukup berhasil untuk kembali menghadirkan atmosfir survival horror yang kental di seri kali ini.

Di dalamnya dimunculkan zombie dan beberapa monster baru, termasuk beberapa adegan jumpscare yang dipastikan membuat para pemainnya kaget, hal ini tentunya menjadi poin penting yang wajib hadir dalam elemen gameplay RE.

Fitur yang dihadirkan di seri kali ini cukup menarik, Anda tentunya juga bisa mengontrol rekan Anda di dalam permainan. Dengan fitur character switch, Anda bisa memainkan karakter dengan kemampuan khusus yang ia miliki.

Claire handal dalam melakukan aksi serangan senjata api dan senjata tajam, Moira mampu mengontrol senter dan tentunya bisa menyerang para zombie dengan senjata linggis. Barry pun juga sama seperti Claire, handal dalam melakukan aksi serangan senjata api seperti Assault Riffle dan Colt Python.

Sedangkan Natalia mampu melempar senjata batu bata untuk pertahanan, dan bisa menggunakan kemampuan khususnya untuk melihat musuh dari balik dinding dan melihat item tersembunyi. Ketika terpisah, Anda tak perlu khawatir karena karakter di game ini telah didesain dengan AI (Artificial Intelligence) untuk bisa menyusulmu.

Sistem combat di seri kali ini bisa dibilang cukup tense dan seru, layaknya game survival horror yang memadukan gameplay third person shooter, Anda harus membidik musuh Anda dengan senjata yang dimiliki.

Tidak adanya fitur cover system seperti yang dimiliki RE 6 justru menjadi nilai plus untuk Resident Evil Revelations 2, para pemainnya justru hanya berfokus untuk membidik musuh dengan tampilan bidik `over-the-shoulder` dari karakter yang dimainkan. Game ini juga menghadirkan gameplay Co-op yang bisa dimainkan di dua layar yang terpisah. Cukup terbilang inovatif untuk seri Resident Evil.

>>> Selanjutnya

4 dari 4 halaman

Tampilan visual serba tanggung

Tampilan visual serba tanggung

Setting lokasi memang diambil disebuah penjara yang menyeramkan dan berlokasi di pulau terpencil, namun sayangnya RE Revelations 2 agak `malas` untuk menunjukkan detail environment yang baru. Environment yang dihadirkan justru membosankan dan bahkan mampu membuat para fans RE gampang menebak beberapa lokasi yang digunakan untuk menyembunyikan item-item rahasia.

Tak hanya itu, tampilan visual serta grafik yang diperlihatkan tidak menunjukkan adanya perkembangan yang signifikan dari seri RE sebelumnya. Untuk ukuran konsol current gen seperti Xbox One dan PS4, seharusnya Capcom bisa berusaha untuk melakukan pengembangan yang lebih tinggi terkait tampilan visual yang ditampilkan. Meksipun ada beberapa adegan cutscene yang mampu menampilan detail visual yang sempurna.

Skor: 7,5/10

Secara keseluruhan, Episode 1 RE Revelations 2 mampu memberikan konten storyline yang menarik. Gameplay tergolong hampir sama dengan RE Revelations, namun mampu menampik komplain para fans dengan menghadirkan fitur-fitur baru dan tentunya menghadirkan karakter dengan kemampuan unik.

Sayangnya, tampilan visual dan environment dari game ini menjadi poin yang harus ditingkatkan. Semoga saja Episode 2 bisa memberikan perkembangan yang sempurna dan tentunya mampu mengungkap misteri apa yang telah membawa Claire dan Moira ke pulau terpencil tersebut.

(jek/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.