Sukses

Rupiah Terjun Bebas, Produk Asus Malah Potong Harga

Pihak Asus justru menilai momen ini sebagai kesempatan yang bagus bagi mereka untuk memperluas pangsa pasar.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi pasar yang tidak kondusif, dimana nilai tukar rupiah terus melemah terhadap mata uang asing, khususnya dollar Amerika Serikat, membuat sejumlah vendor teknologi mempertimbangkan berbagai langkah strategis.

Sejumlah vendor dikabarkan berupaya mati-matian untuk menahan harga produknya agar tidak naik. Sebagian lain terpaksa menaikkan harga agar tidak merugi. Namun hal berbeda justru dilakukan oleh Asus.

Sebagai salah satu pemain di industri perangkat mobile, Asus sebenarnya juga terkena imbas kondisi yang tidak menguntungkan seperti sekarang ini. Meski demikian, vendor asal Taiwan ini dikabarkan melakukan pendekatan yang berbeda.

"Di saat produsen lain mati-matian mempertahankan harga atau sudah menaikkan harga produknya, Asus mengambil langkah yang berbeda. Beberapa produk notebook unggulan Asus, kami tawarkan di harga promo. Potongan harga antara Rp 100 ribu sampai Rp 1,5 juta kami siapkan," ucap Juliana Cen, Country Product Group Leader Asus Indonesia dalam keterangan resminya.

Juliana menyebutkan, kondisi pasar saat ini memang sangat tidak mendukung. "Nilai tukar rupiah yang melemah memang sangat menyulitkan, tetapi kami juga melihatnya sebagai sebuah peluang bisnis," sebut Juliana.

"Ini merupakan kesempatan yang bagus bagi Asus untuk memperluas pangsa pasar sekaligus menawarkan produk-produk terbaik pada pengguna, justru dengan harga yang lebih terjangkau," ucapnya.

Produk-produk yang mendapatkan discount sebesar Rp 100-300 ribu antara lain notebok Asus X450, X455, dan A455 series. Produk-produk tersebut tersedia dengan prosesor Core i3 sampai Core i7 dengan RAM sebesar 2GB atau 4GB dan harddisk sebesar 500GB sampai 1TB.

Notebook-Tablet 2-in-1 andalan Asus, yakni Transformer Book T100TA yang menggunakan prosesor Intel Atom generasi terbaru juga tersedia dalam harga promo, yakni turun Rp 300 ribu.

Yang menarik, Asus juga memberikan harga perkenalan bagi produk ultrabook terbarunya, yakni Asus UX303LN. Produk yang baru diluncurkan ke pasaran tersebut sudah diperkuat oleh prosesor Intel Core i7-4510U, RAM 8GB dan harddisk 1TB.

Sampai akhir Maret 2015, pengguna yang membeli tipe ini akan mendapatkan diskon sebesar Rp 1,5 juta menjadi hanya Rp 14 jutaan sebelum kembali ke harga normal di kisaran Rp 15 jutaan.

(dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini