Sukses

Instagram Luncurkan Aplikasi Layout Foto Kolase

Pengguna dapat menggabungkan beberapa foto yang ada di kamera ponsel ke dalam satu foto yang menarik.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar gembira buat pengguna Instagram. Instagram telah meluncurkan sebuah aplikasi untuk editing foto bernama Layout from Instagram. Pengguna dapat menggabungkan beberapa foto yang ada di kamera ponsel ke dalam satu foto yang menarik.

Foto yang dibuat juga dapat di-share langsung ke Instagram ataupun Facebook. Ada 10 layout yang bisa dipilih, tergantung dari jumlah foto yang digunakan. Pengguna dapat memasukkan maksimal sembilan (9) foto menjadi satu foto baru.

Aplikasi ini dibuat bukan tanpa alasan. Foto kolase (gabungan) selama ini sangat populer di Instagram. Sekitar 20 persen dari 300 juta pengguna Instagram saat ini menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menggabungkan foto-foto seperti Pic Stitch atau InstaFrame.

Saat aplikasi dibuka maka akan tampil preview dari foto-foto yang ada di kamera Anda. Yang menarik, di aplikasi ini ada fitur Faces yang secara otomatis dapat menampilkan semua foto dari kamera yang menampilkan wajah orang. Menurut Instagram, 90 persen dari foto kolase yang di-share di Instagram ada wajah di dalamnya. 

Saat Anda memilih gambar, layout yang berbeda akan muncul secara dinamis di bagian atas layar dan menampilkannya dalam format yang dianggap paling oke. Anda dapat langsung menggunakannya atau menggantinya dengan layout lain jika tidak suka dengan pilihan itu.

Anda juga dapat menyesuaikan ukuran foto sesuai keinginan ataupun memutar foto Anda untuk mendapatkan efek mirror (cermin). Aplikasi ini juga dilengkapi fitur photo booth yang dapat mengambil empat gambar dengan cepat.

"Instagram benar-benar sederhana dan inilah yang disukai orang," kata Joshua Dickens, Product Designer aplikasi Layout, sebagaimana dilansir laman Recode, Selasa (24/3/2015).

Aplikasi Layout tersedia secara gratis untuk platform iOS mulai hari Senin kemarin, sedangkan versi Android-nya diklaim sedang dalam tahap pengerjaan. 

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini