Sukses

10 Fakta Penting di Balik Mortal Kombat X

Menyambut dirilisnya Mortal Kombat X pada April ini, ada 10 fakta penting yang mendukung game fighting kontroversial ini.

Liputan6.com, Jakarta - PERINGATAN: Artikel ini berisi bocoran cerita dan adegan-adegan kunci di Mortal Kombat X.

Animo para penggemar game fighting Mortal Kombat sangat besar dalam menunggu seri kesepuluh game ini untuk hadir di PS4, Xbox One, PC dan juga perangkat mobile pada 14 April ini.

Director Mortal Kombat X, Ed Boon, beserta NetherRealm Studios selaku tim pengembang game ini, mengungkap bahwa cerita yang bergulir di seri Mortal Kombat kali ini akan menjadi salah satu cerita yang paling epik di dalam sejarah Mortal Kombat. Bagaimana tidak, melihat dari daftar para petarung yang telah dihadirkan, muncul banyak nama karakter kawakan dan nama para karakter baru yang akan bertemu di seri kali ini.

Sambil menghitung mundur ke tanggal perilisan Mortal Kombat X, tim Tekno Liputan6.com akan mengajak kembali para gamer untuk melihat fakta-fakta yang terungkap di balik pembuatan game fighting kontroversial ini.

Setidaknya ada 10 fakta penting Mortal Kombat X yang harus Anda ketahui sebelum Anda memainkan game ini lebih dalam, sebagaimana dilansir laman Heavy, Rabu (8/4/2015).

Penasaran apa saja fakta-fakta penting di balik Mortal Kombat X? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

>>> Selanjutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Storyline

1. Storyline akan berlanjut 25 tahun setelah seri game Mortal Kombat 2011

Plot Mortal Kombat X akan berlanjut 25 tahun setelah kejadian yang terjadi di game Mortal Kombat reboot pada tahun 2011. Mortal Kombat X diduga kuat akan memberikan konklusi cerita yang jelas dari semua seri Mortal Kombat yang pernah ada. Dengan kata lain, bisa dibilang Mortal Kombat X adalah seri `terakhir` dari semua seri Mortal Kombat.

Cerita akan berfokus pasca kekalahan Shao Khan, yang akhirnya muncul salah satu karakter Elder God antagonis yang bernama Shinnok dengan tujuan untuk menyerang bumi dengan tentara kegelapan Netherrealm. Bahkan, Shinnok mampu menghidupkan kembali para kombatans (sebutan petarung Mortal Kombat) yang telah mati di seri sebelumnya untuk bersekutu dengannya dengan menghabisi umat manusia dan memusnahkan bumi.

Beberapa karakter kawakan seperti Johnny Cage, Sonya Blade dan Kenshi kembali berperang untuk melawan Shinnok di awal cerita game ini. Mereka berusaha untuk membuka portal ke Jinsei Chamber, yang akhirnya mengirim mereka ke Sky Temple dimana Raiden dan Fujin sedang bertarung melawan Shinnok.

Johnny dan Sonya pun mampu mengurung Shinnok lewat amulet-nya. Namun, Quan Chi akhirnya kabur disaat Shinnok disegel oleh Raiden. Itu baru awal permainan yang menceritakan perang antara Shinnok dan Raiden, tentunya cerita ini akan semakin lebih kompleks karena diduga kuat karakter antagonis lainnya akan muncul di game ini.

Story mode Mortal Kombat X akan menghadirkan elemen high production dan cutscene yang begitu intens, sehingga membuat para pemainnya seperti menonton film.

>>> Selanjutnya

3 dari 11 halaman

Hubungan keluarga

2. Hubungan keluarga antara karakter lama dan baru

Mortal Kombat X tidak hanya akan menghadirkan jajaran karakter lama, tetapi nama-nama kombatans baru pun muncul di seri kali ini. Uniknya, karakter-karakter baru ini kebanyakan memiliki ikatan keluarga dengan beberapa karakter lama.

Sebut saja Cassie Cage yang merupakan putri tunggal dari Sonya dan Johnny Cage, Jacqui Briggs yang juga merupakan putri dari karakter Jax Briggs. Selain Cassie dan Jacqui, muncul pula Takahashi Takeda, yang ternyata merupakan putra dari karakter Kenshi, dan Kung Jin, yang merupakan sepupu dari Kung Lao.

>>> Selanjutnya

4 dari 11 halaman

Karakter lama dan baru

3. Muncul karakter kawakan dan karakter baru

Ya, game ini tentunya akan menghadirkan gabungan karakter kawakan dan karakter baru. Berikut daftar para kombatans baru yang memulai debutnya di Mortal Kombat X:

– D’Vorah
– Erron Black
– Ferra/Torr
– Kotal Khan
– Jason Vorhees (karakter DLC - downloadable content)
– Predator (karakter DLC)
– Takahashi Takeda
– Kung Jin
– Jacqui Briggs
– Cassie Cage
– Tremor (Karakter DLC)

Para kombatans yang akan kembali di Mortal Kombat X adalah:

– Ermac
– Goro (karakter DLC dan pre-order)
– Jax Briggs
– Johnny Cage
– Kano
– Kenshi
– Kitana
– Kung Lao
– Liu Kang
– Mileena
– Quan Chi
– Raiden
– Reptile
– Scorpion
– Shinnok
– Sonya Blade
– Sub-Zero
– Tanya (karakter DLC)

>>> Selanjutnya

5 dari 11 halaman

Tiga variasi tarung

4. Para kombatans akan memiliki tiga variasi tarung yang unik

Para kombatans tidak akan memiliki jenis gaya tarung yang stagnan dan membosankan di Mortal Kombat X. Ya, Anda akan diberikan tiga jenis variasi gaya tarung yang menarik, unik, dan sangat khas dengan para kombatans.

Contohnya, Cassie Cage memiliki tiga jenis variasi gaya tarung Spec Ops, Hollywood dan Brawler. Setiap gaya tarung yang dimiliki tentunya akan mengikuti gaya masing-masing variasi yang digunakan.

>>> Selanjutnya

6 dari 11 halaman

Fatality, Brutality, Quitality

5. Fatality, Brutality, dan Quitality

Seri Mortal Kombat terkenal dengan finishing move-nya yang bernama Fatality. Ya, Fatality adalah adegan finishing move yang masing-masing dimiliki para kombatans untuk menghabisi musuhnya secara sadis dan brutal. Di seri Mortal Kombat X kali ini, adegan Fatality dibuat sedramatis mungkin dan lebih realistis. Sejatinya game ini disebut kontroversial karena memang kerap menampilkan adegan Fatality yang terlampau sadis, dan menghadirkan efek suara disturbing serta aksi brutal di luar akal sehat.

Brutality pun akan kembali di seri kesepuluh game ini. Para kombatans akan kembali menggunakan aksi Brutality untuk menghabisi musuhnya secara sadis dalam waktu yang tidak ditentukan. Selain itu, salah satu fitur baru yang hadir adalah Quitality, dimana para pemain menghabisi musuhnya dengan `keluar` pada saat pertarungan online.

Selain ketiga fitur ini, hadir pula Faction Kills yang juga merupakan finishing move yang memiliki ciri khas Faction Anda bergabung.

Selain itu, aksi X-ray juga menjadi salah satu fitur yang ditunggu-tunggu oleh para penggemar Mortal Kombat. X-ray merupakan salah satu aksi fatal melawan musuhnya dengan menampilkan visualisasi tulang dan organ tubuh para kombatans ketika diserang.

>>> Selanjutnya

7 dari 11 halaman

Faction Wars & Living Towers

6. Faction Wars dan Living Towers

Mode pertarungan yang hadir selain Story Mode adalah Faction Wars. Para pemain akan memiliki kesmepatan untuk `bersekutu` dengan lima Faction, yakni Black Dragon, The Brotherhood of Shadow, The Lin Kuei, Special Forces dan White Lotus.

Ketika Anda bergabung dengan Faction ini, Anda tentunya bisa mengumpulkan poin untuk Faction Anda ketika Anda menyelesaikan pertarungan di mode single atau multiplayer.

Sementara itu, fitur Challenge Tower akan kembali hadir di game ini. Namun kali ini, fitur tersebut hadir dengan nama Living Towers. Kondisi pertarungan Anda akan terus berubah seiring menaiki tower di setiap jam-nya.

>>> Selanjutnya

8 dari 11 halaman

Kombat Pack

7. Kombat Pack

Kombat Pack menjadi salah satu fitur yang ditunggu-tunggu di Mortal Kombat X. Di seri kali ini, Kombat Pack akan menghadirkan empat pack DLC (downloadable content) yang berbeda. Para pemain tentunya bisa mengakses seluruh bundel pack ini dengan membeli Kombat Pack yang menghadirkan The Ultimate Horror Pack, Klassic Pack #1, Predator/Prey Pack dan Klassic Pack #2.

– The Ultimate Horror Pack: Karakter Jason Voorhees & Horror skins Vampiress Mileena, Kraken Reptile dan Pharaoh Ermac

– The Klassic Pack #1: Karakter Tanya & Klassic skins Kano, Sonya dan Liu Kang

– The Predator/Prey Pack: Karakter Predator & Predator skins Commando Johnny, Infrared Scorpion dan Carl Weathers sebagai Jax

– The Klassic Pack #2: Karakter Tremor & Klassic skins for Quan Chi, Jax dan Kung Lao

Pada saat game ini dirilis, para pemain juga berkesempatan untuk mendapatkan Samurai Pack. Dimana di fitur DLC ini akan menghadirkan skins khusus untuk tiga karakter: Ronin Kenshi, Samurai Shinnok, dan Jingu Kitana.

>>> Selanjutnya

9 dari 11 halaman

Kontroler khusus

8. Kontroler khusus Mortal Kombat

Untuk melengkapi pengalaman bermain Mortal Kombat, sebuah kontroler khusus bertema Mortal Kombat yang telah diberi lisensi pun hadir untuk PS3, PS4, Xbox 360 dan juga Xbox One.

Kontroler ini menghadirkan layout enam tombol yang menyerupai layout kontroler mesin Arcade dengan desain micro-switch. Dengan menggunakan kontroler ini, tentunya Anda akan merasakan pengalaman permainan Mortal Kombat modern dengan suasana kontroler klasik ala mesin Arcade.

>>> Selanjutnya

10 dari 11 halaman

Rilis PS3 dan Xbox 360

9. Mortal Kombat X hadir untuk PS3 dan Xbox 360 pada Juni 2015

Untuk para gamer PS3 dan Xbox 360 sepertinya harus sedikit lebih bersabar, karena rilis untuk PS3 dan Xbox 360 akan ditunda sampai bulan Juni 2015.

Versi Mortal Kombat X untuk konsol last-gen ini pun dikembangkan oleh developer High Voltage Studios, mereka mengumumkan bahwa game ini akan dirilis pada 2 Juni 2015.

>>> Selanjutnya

11 dari 11 halaman

Versi mobile

10. Mortal Kombat X hadir pertama kali untuk perangkat mobile

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Mortal Kombat, Mortal Kombat X juga akan dirilis untuk perangkat mobile iOS dan Android. Game ini bisa diunduh secara gratis dan akan menampilkan fitur gameplay fighting yang mendukung touch control para pemainnya.

Para pemain tidak akan bisa mengakses story mode game ini layaknya yang ada di versi konsol, tetapi mereka bisa melakukan unlock special rewards yang bisa diakses di versi game konsol.

(jek/dew)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.