Sukses

Xiaomi Jual 2 Juta Handset dalam 12 Jam

Dalam waktu 12 jam, Xiaomi berhasil menjual 2,12 juta handset selama Mi Fan Festival 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi mencatat pertumbuhan penjualan yang mengesankan selama Mi Fan Festival 2015 yang digelar secara online. Dalam waktu 12 jam, pembuat smartphone asal China itu berhasil menjual 2,12 juta handset pada momen tersebut.

Sebagai perbandingan, pada penjualan tahun lalu di momen yang sama, Xiaomi hanya berhasil menjual 1,3 juta unit handset. Pencapaian baru tersebut menunjukkan bahwa Xiaomi layak diperhitungkan sebagai penantang bagi pembuat handset ternama lainnya seperti Samsung dan Apple.

Perusahaan yang baru berumur 5 tahun itu juga berhasil menjual 38.000 Mi TV serta 770.000 peralatan pintar (smart appliances), termasuk Mi Smart Scale yang baru diluncurkan. Total pendapatan yang dikantongi Xiaomi mencapai 2,08 miliar Yuan (US$ 335 juta).

Angka penjualan yang fantastis menunjukkan Xiaomi cepat berkibar. Xiaomi sukses melompat ke posisi no. 3 di antara para pembuat smartphone global, dengan menjual smartphone dan tablet murah yang ditujukan untuk konsumen dengan budget terbatas di pasar berkembang seperti China, Indonesia dan India.

Keberhasilan penjualan online yang dilakukan Xiaomi tidak mengejutkan. Sebab perusahaan telah lama menganut pola pikir "berteman dengan fans". Mi Fan Festival adalah salah satu cara Xiaomi untuk menarik pelanggan dengan memberikan diskon menarik.

Menurut yang dilansir Cnet, Xiaomi juga akan meluncurkan toko online Mi.com di Amerika Serikat dan Eropa. Namun toko tersebut hanya akan menjual aksesoris seperti Mi Band dan power bank murah, bukan smartphone.

"Ini akan menjadi pengalaman Mi.com yang berbeda dari apa yang kami punya di Asia, karena kami tidak menjual ponsel," kata Hugo Barra, Global Vice President Xiaomi di Mobile World Congress bulan lalu.

"Kami hanya akan menjual sejumlah aksesoris andalan kami, seperti Mi Band, headphone, in-ear headphone dan power bank yang paling populer di dunia," tambahnya.

Selain power bank dan headphone, perusahaan juga sedang dalam proses transisi untuk menjual lebih banyak lagi produk lifestyle. Baru-baru ini Xiaomi juga meluncurkan action camera yang dinamakan Yi Action Camera dan bekerjasama dengan brand olahraga China, Li Ning, untuk membuat sepatu pintar.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.