Sukses

Google Tambah Gambar Street View Bawah Laut Indonesia

Sekarang, Anda bisa eksplorasi bawah laut langsung lewat Google Street View

Liputan6.com, Jakarta - Google Maps baru-baru ini sedang sibuk `mengoprek` bagian permukaan serta isi bumi untuk menghadirkan beberapa penambahan gambar eksplorasi bawah laut untuk fitur Google Street View.

Ya, gambar-gambar tersebut akan menghadirkan view terbaru yang akan memperlihatkan pesona keindahan bawah laut, khususnya di Indonesia.

Seperti yang diketahui, Google Street View nyatanya memang hanya menghadirkan fitur street view yang memperlihatkan eksplorasi jalan daratan. Mulai dari kota, pedesaan, hutan, pegunungan hingga gurun. Penambahan beberapa konten tambahan view bawah laut pun baru dilakukan beberapa waktu lalu.

Laman Mashable, Sabtu (6/6/2015), melansir bahwa pihak Google menuturkan bahwa Google Street View hanya berfokus kepada eksplorasi jalan darat, sementara untuk eksplorasi laut dan bawah bumi masih belum `tersentuh` secara keseluruhan. Pasalnya, 70 persen bagian dari bumi tertutup oleh lautan.

Namun, pada akhirnya Google memutuskan untuk menghadirkan eksplorasi street view terbaru dari 40 lokasi seluruh dunia yang memperlihatkan lingkungan biota bawah laut.

Image street view tersebut dikumpulkan oleh pihak Google dan juga bekerjasama dengan beberapa perusahaan biota kelautan, seperti XL Catlin Seaview Survey, NOAA Office of National Marine Sanctuaries, dan Chagos Conservation Trust.

Gambar eksplorasi bawah laut tersebut menghadirkan beberapa lokasi bawah laut yang begitu terkenal, mulai dari Bali, Bahama, Great Barrier Reef, Aruba, Florida Keys, dan masih banyak lagi. Tak hanya bawah laut, Anda pun dapat melakukan eksplorasi dari sisi pulau, seperti pulau Samoa, Chagos, dan Solomon.

Fitur yang dihadirkan sama seperti street view, namun kali ini Anda akan mengikuti beberapa petunjuk di setiap sudut untuk terus mengeksplorasi sisi laut yang lebih luas. Sama seperti yang dihadirkan lewat fitur hutan Amazon yang telah lebih dulu hadir.

Google Street View Ocean

Bagi Google Maps, kunci penting untuk melestarikan laut adalah dengan memetakannya. Karena laut terus berubah, Google Maps juga harus beradaptasi dengan menciptakan teknologi baru untuk mendokumentasikan keadaan laut saat ini, dan memantau perubahannya dari tahun ke tahun.

Setiap gambar yang ada di Google Maps adalah rekaman digital lokasi yang dibuat menggunakan GPS, dan dapat digunakan sebagai patokan untuk memantau perubahan lautan yang terjadi seiring waktu.

Pihak Google mengungkap, rencananya untuk menghadirkan fitur Street View Oceans ini sejak 2013. Namun, akhirnya mereka baru bisa merealisasikan proyek ini pada 2014.

Penasaran bagaimana penampakannya? Yuk, simak video dibawah ini.

(jek)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini