Sukses

NASA Bangun Pesawat Supersonik Bernilai Rp 80,3 Miliar

NASA menghabiskan dana US$ 6 juta atau sekitar Rp 80,3 miliar untuk mendanai penelitian pesawat supersonik ramah lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta - NASA menghabiskan dana US$ 6 juta atau sekitar Rp 80,3 miliar untuk mendanai penelitian pesawat supersonik ramah lingkungan - mirip seperti persawat Concorde yang terbang untuk terakhir kalinya pada 2003.

Dana tersebut telah digelontorkan kepada universitas dan kelompok penelitian, seperti MIT dan Wyle Laboratorium dan berfokus pada dampak lingkungan dengan kinerja pesawat yang 7 kali lebih cepat dari kecepatan suara.

Pesawat komersial bertenaga turbo-jet ini diklaim dapat mengurangi waktu penerbangan penumpang sehingga mereka dapat sampai di tempat tujuan dengan lebih cepat.

Seperti yang diketahui, pesawat supersonik pada jet tempur yang biasa digunakan dalam militer tidak berdampak terlalu besar terhadap lingkungan. NASA dan mitra penelitiannya ingin melihat apakah peningkatan jumlah jet supersonik akan berpengaruh pada atmosfer.

Mengutip laman Mirror, Selasa (9/6/2015), pesawat supersonik membutuhkan lebih banyak bahan bakar ketimbang mesin jet konvensional sehingga bisa berdampak lebih besar pada lapisan ozon.

Selain mempelajari dampak emisi, dana tersebut rencananya juga akan digunakan untuk mencoba dan membuat pesawat supersonik komersial yang lebih bersahabat.

(isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini